X
 


Wisata Sport dan Adventure Seperti Batam Kepri, Diharapkan Bisa Dikembangkan Juga di Borobudur dan Sekitarnya

Anton - May 25, 2024 16:08:59

BATAM - Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) adakan diskusi santai untuk mengembangkan wisata sport (olah raga) dan adventure (petualangan) di Borobudur dan sekitarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Cabang Kota Batam, KONI Provinsi Kepri di Ruko Kazhanah Jalan Jenderal Sudirman Blok RE No. 11, Sukajadi Batam.

Diskusi ini dihadiri Hariyanto, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf), M. Tidar Hetsaputra Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenparekraf, Agustin Peranginangin Direktur Badan Otorita Borobudur, Usep RS Ketua KONI Kepri, Harfiansa Direktur Pemasaran BOB, Ricky Harris Fadhila Kepala Divisi Nusantara BOB.

Hariyanto mengatakan, dengan adanya pertemuan KONI Kepri dengan BOB diharapkan sport dan adventure yang dilaksanakan di Kepri dan menarik banyak turis mancanegara, bisa dikembangkan lagi di Borobudur dan sekitarnya. Kepri termasuk tiga greater dalam pariwisata Indonesia setelah Bali, selain itu sekarang juga ada penerbangan langsung dari Batam ke Yogyakarta, maka harus dipertimbangkan pengembangannya di Borobudur dan sekitarnya, ungkap Hariyanto.

Selain itu saat ini juga sedang diusahakan untuk mengembangkan potensi Pulau Muka Kuning, di Batam. Bagaimana Pulau Muka Kuning bisa diaktivasi sebagai destinasi yang ramah lingkungan, jelas Hariyanto.

Sementara itu Agustin Peranginangin mengatakan, event sport tourism yang diadakan di Borobobur dan sekitarnya termasuk Yogyakarta dan Jawa Tengah, juga diikuti para peserta dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Para peserta dari mancanegara tersebut sangat antusias tertarik mengikuti event tersebut. Untuk itu kami mengadakan diskusi dengan KONI Kepri untuk bagaimana mengembangkan lagi sport dan tourism di Borobudur dan sekitarnya, jelas Agustin. 

Usep RS dalam diskusi ini mengatakan, banyak wisatawan dari Singapura dan Malaysia yang meminati dan ikuti wisata sport dan adventure di Kepulauan Riau seperti Batam Maraton, Jetski, Triatlon. Bahkan ada yang sengaja mengadakan latihan bulu tangkis di Batam. 

Potensi ini harus dikembangkan dan KONI Kepri selalu siap membantu juga bekerja sama dalam mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kepri, juga Borobudur, tandas Usep RS. (Antoni/AF)