X
 


WSBK Mandalika 2022 Sukses, Diharapkan Pariwisata dan Perekonomian Juga Semakin Maju

Anton - Nov 14, 2022 19:29:38

(Foto: Ketangguhan Sirkuit Internasional Mandalika Lombok Tengah yang sudah teruji MotoGP dan World Superbike WSBK) 

MANDALIKA LOMBOK TENGAH - Berbagai event, termasuk balap motor World Superbike (WSBK) di Mandalika Lombok ini, bukan hanya untuk ajang pertandingan olahraga internasional saja. Dengan adanya berbagai kegiatan sport tourism, diharapkan akan membuat NTB menjadi sebuah provinsi yang cepat bangkit ekonominya pascapandemi.

"Dengan adanya event MotoGP Mandalika dan World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika, sudah dikumpulkan pendapatan negara Rp 5,8 triliun dari semua sektor. Baik penonton, hotel dan UMKM yang ada di NTB."

Demikian dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Sirkuit Internasional Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit), Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat menghadiri ajang balap motor World Superbika (WSBK) Mandalika 2022 yang berlangsung tanggal 11-13 November 2022.

Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB, secara langsung mulai merasakan geliat aktivitas perekonomian selama dua event WSBK dan MotoGP di gelar di Mandalika Lombok Tengah. Karena itu jangan dilihat hanya sebagai pertandingan saja, tetapi berkontribusi untuk ekonomi lokal, membuka usaha dan lapangan kerja sehingga angka pengangguran terus menurun, ungkap Sandiaga.

Pada event World Superbike (WSBK) 2022 ini tercatat ada 400 UMKM dan 140 tenant. “Diperkirakan ada 5.000 sampai 10.000 lapangan kerja baru tercipta dan kualitasnya baik,” ujar Sandiaga sambil mengatakan UMKM di Indonesia sudah terbukti berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi negara mencapai 7,5 persen dan menyumbangkan 2,5 miliar USD.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Staf Khusus Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi, Irjen Pol. Krisnandi, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan/Event Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani, Direktur Event Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati, dan Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Vinsensius Jemadu saat di tengah keseruan menonton ajang balap WSBK Mandalika 2022 kepada wartawan SPB sempat-sempatnya mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya event ini. Terutama kepada seluruh masyarakat NTB Khususnya Mandalika Lombok Tengah, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga pihak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Dengan adanya event-event di Mandalika Lombok Tengah ini, diharapkan pariwisata dan perekonomian juga akan semakin maju. Mandalika Lombok tentunya juga akan semakin terkenal ke dunia Internasional sebagaimana Bali, ujar Vinsensius.

Pengamatan wartawan SPB, acara balap Motor World Superbike (WSBK) Mandalika 2022 ini sukses terlaksana, Toprak Razgatlioglu dari Tim Yamaha berhasil memenangkan urutan 1 pada Race 1 dan juga Race 2. Dimana meski finish di urutan ke-2, ternyata Alvaro Bautista Arce dari Tim Ducati yang berhasil mengamankan gelar juara dunia World Superbike (WSBK) 2022 sebelum musim ini berakhir. (Antoni F)