X
 


Sekda Lepas Tim Pagelaran Antraksi Budaya Kabupaten Barito Timur di TMII

Charles - Dec 02, 2022 08:44:22

TAMIANGLAYANG, sinarpagibaru.id - Jum'at, (03/12/2022), Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Melepas Tim Pagelaran Atraksi Budaya Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Tahun 2022   Rabu, 30 Nopember 2022 di Gedung Pertemuan Umum Mantarawa Tamiang Layang. 
 
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur Dra. Herawani. MM  yang juga sebagai ketua Tim,  dalam laporannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nomor : 556/374/II/Disbudpar Perihal Undangan Pagelaran Seni dan Budaya “Spirit Of Kalteng” dan Bazar UMKM Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah di Anjungan Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. 
 
Orang nomor 1 Disbudparpora menjelaskan bahwa Tim Pagelaran Atraksi Budaya Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan dilaksanakan dari tanggal 3 – 4 Desember  2022 berkekuatan    26 orang yang akan  mengangkat judul Upacara Ritual Wadian Dayak Barito Timur Ngananuang, Ngatatungkal Indonesia Naru Sapu, Mambadil Bulau ujarnya.
 
Lebih jauh Kepala Dinas yang murah senyum ini memaparkan bahwa  Prosesi Upacara Ritual ini sangat penuh makna di Dukung Syair Hiang Khas, Keindahan Tari Tandrik Bahalai, Tari Tampak Gangereng dan Kedasyatan Tari Gelang, Atraksi Wadian Bulat Serta Musik Tradisional Bartim bermakna membersihkan, menyucikan dan membuang serta menembak semua gangguan/halangan yang ada  paparnya.
 
Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, SE., M.Si dalam  sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Timur  pada APBD Perubahan Tahun Anggaran  2022,  melalui  Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olaharga   telah menganggarkan Dana kegiatan Rejuvenasi Stand Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) meliputi penataan dan pengadaan alat-alat Kebudayaan  yang saat ini telah rampung dikerjakan.
 
Sekda yang sangat humble ini  menambahkan Pemda juga menyiapkan anggaran untuk   Tim Pagelaran Atraksi Budaya Kabupaten Barito Timur di Anjungan Provinsi Kalimantan Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Tahun 2022 sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan  untuk mempromosikan dan melestarikan seni  budaya warisan leluhur di Kabupaten Barito Timur, yang nantinya dapat dikembangkan menjadi  wisata budaya yang berbasis keunikan dari tradisi dan kearifan lokal merupakan salah satu sektor pariwisata  yang sangat diminati oleh para wisatawan ujarnya.
 
Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah berterima kasih kepada Kepala Dinas Budparpora dan jajarannya serta  Tim Pagelaran Atraksi Budaya Barito Timur  yang sudah menampilkan atraksi yang sangat memuaskan  baik tarian pembuka, tumet leut terlebih lagi tarian penutup yang merupakan  puncak dari pagelaran tutupnya. (din/diskominfo).