X
 


Sekda Bartim Buka Muscab I DPC APDESI Barito Timur

Charles - Dec 01, 2023 05:03:44

TAMIANG LAYANG, SINARPAGIBARU.ID -  Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) I Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Barito Timur. 

Kegiatan dilaksanakan di Wisata Luaw Banse, Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur, Kamis (30/11/2023). Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Bartim, Nursulistio, Ketua DPD APDESI Provinsi Kalteng, Seger Satria, Kasi Intel Kejari Bartim, Kapolsek Dusun Timur, Kepala Desa, dan tamu undangan lainnya. 

Sekda Bartim, Panahan Moetar mengatakan, bahwa kepengurusan APDESI Bartim sudah terbentuk sejak tahun 2020 lalu berdasarkan kesepakatan kepala desa dan hanya dijabat sebagai Plt. Karena ini sudah mendekati masa akhir, maka hari ini pengurus APDESI menggelar Muscab untuk menetapkan kepengurusan yang baru, kata Sekda Panahan Moetar usai kegiatan kepada wartawan. 

Ia berharap, musyawarah ini nantinya dapat menghasilkan keputusan yang baik untuk kemajuan desa di Barito Timur. Sekda Panahan Moetar juga meminta kepada seluruh kepala desa untuk selalu menjalin komunikasi dan bersinergi yang baik untuk pembangunan antar desa. “Selain itu, kami minta kades fokus kepada anggaran desa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang terkoordinasi antar desa, pintanya. 

Sementara untuk versi kabupaten, kata Panahan Moetar, sesuai tugas dan fungsinya, kepala desa adalah untuk mengusulkan. Jika pun ada kewenangan provinsi untuk pembangunan di wilayah desa tersebut, maka tugas kepada desa untuk menyampaikan ke kabupaten sesuai sistem perencanaan yang ada, dan selanjutnya pemkab akan melanjutkan ke pemprov maupun pusat, jelasnya. 

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Bartim, Nursulistio mengucapkan selamat dan sukses Muscab I DPC APDESI Bartim. Dengan terbentuknya pengurus DPC APDESI Bartim ini, tentu sangat baik sekali manfaatnya untuk menjadi sebuah wadah bagi para kepala desa untuk berkomunikasi dan menyamakan persepsi antar desa satu sama lain, ucapnya. 

Nursulistio berharap, dengan terbentuknya APDESI ini, nantinya juga dapat memudahkan untuk pemdes berkoordinasi dengan Pemkab dalam rangka saling menguatkan pembangunan di Barito Timur. (din/diskominfo).