X
 


Publikasi Kinerja Dinas Sosial Kabupaten Bogor Tahun 2022

Ronald - Dec 03, 2022 21:53:10

KAB. BOGOR – sinarpagibaru.id.

Tahun 2022 ini tercatat Dinas Sosial Kabupaten Bogor telah melakukan kegiatan-kegiatan yang terhitung sampai dengan triwulan III diantaranya:

I. Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Taruna Siaga Bencana Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud dilaksanakannya Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dalam Penanggulangan Bencana adalah Peningkatan Kapasitas Kemampuan Anggota Taruna Siaga Bencana dalam Penanggulangan Bencana khususnya di masing-masing wilayah di Kabupaten Bogor.

Tujuan dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana bagi Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk peningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pengenalan teknik-teknik manajemen penanggulangan bencana bagi Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA), sehingga pelayanan bagi para korban bencana/pengungsi lebih terencana, terkondisi dan terlayani. 

Tempat pelaksanaan di Hotel Grand Pesona Jl. Cilotoh No. 126 Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Bogor, pada tanggal 16 sampai 18 Maret 2022.

Unsur pelaksana kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber: Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Instruktur dan Asisten: Instruktur Kodim 0621 Kab. Bogor.


Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Taruna Siaga Bencana Kabupaten Bogor. (foto: ist)

II. Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Siswa Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud dilaksanakannya Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana bagi Siswa Dalam Penanggulangan Bencana adalah Peningkatan pengetahuan siswa/pelajar dalam Penanggulangan Bencana khususnya di lingkungan sekolah di Kabupaten Bogor.

Tujuan dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Manajemen Bencana bagi Siswa untuk Peningkatkan pengetahuan dan Keterampilan serta Pengenalan Teknik-Teknik Manajemen Penanggulangan Bencana bagi siswa, sehingga pelayanan bagi para korban bencana/pengungsi lebih terencana, terkondisi dan terlayani. 

Tempat pelaksanaan kegiatan di Hotel Grand Pesona Jl. Cilotoh No. 126 Lemah Duhur Kecamatan Caringin Bogor pada tanggal 3 s/d 4 Agustus 2022.

Unsur pelaksana kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd,MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber: BMKG Bogor. Instruktur: Tagana Center Kemensos RI.


Pelatihan Manajemen Bencana Bagi Siswa Kabupaten Bogor. (foto: ist)

III. Kegiatan Bimbingan Sosial Bagi Pendamping Sosial Anak Se-Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud kegiatan adalah memberikan bimbingan sosial serta pelatihan dalam mendampingi anak yang bermasalah sosial yang diperuntukkan bagi Pendamping Sosial Anak dan Lemabaga Kesejahteraan Sosial Anak di Kabupaten Bogor.

Tempat pelaksanaan kegiatan di Teh Rizen Premiere Hotel cisarua Bogor pada tanggal 22 s/d 24 Maret 2022.

Unsur Pelaksana Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Peserta: Sebanyak 50 orang terdiri dari 40 Orang Pendamping Sosial Anak Kecamatan Se-Kabupaten Bogor dan 10 orang LKSA di Kabupaten Bogor.

Narasumber: Esselon III kebawah/ yang disetarakan 1 orang/UPTD PPSBR Lembang, Esselon IV kebawah/yang disetarakan 1 orang/Kementerian Sosial RI, dan Esselon III Kebawah/yang disetarakan 1 orang/Kementerian Sosial RI.

Instruktur: Satu orang instruktur/tenaga ahli (keahlian khusus) dari BBPPKS Provinsi Jawa Barat, satu orang instruktur/tenaga ahli (keahlian khusus) dari Yayasan Sakura Indonesia Al-Jamaan.


Kegiatan Bimbingan Sosial Bagi Pendamping Sosial Anak Se-Kabupaten Bogor. (foto: ist)

IV. Kegiatan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual Dan Sosial Bagi Lansia Terlantar di Luar Panti Tahun Anggaran 2022 di LKSLU Nurul Islam Kecamatan Sukaraja.

Maksud kegiatan ini adalah memberikan pelayanan sosial dan rehabilitasi sosial dasar Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) khususnya lanjut usia terlantar di Kabupaten Bogor dan memberikan bimbingan fisik, mental, spiritual dan sosial.

Tempat pelaksanaan kegiatan ini di laksanakan di Aula LKSLU Khairu Ummah Desa Pasir Jambu, Kec. Sukaraja pada tanggal 28 s/d 30 Juni 2022.

Unsur Pelaksana Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber dan Pendamping: Narasumber satu orang/UPTD PPSGBR Lembang, dan Pendamping tiga orang/dua orang dari LKSU dan satu orang dari PSL Sukaraja.

Instruktur: Satu orang / LKS Sakura Indonesia Al Jamaan. Peserta: berasal dari Binaan LKSLU di luar panti sebanyak 30 Lansia.


Kegiatan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual Dan Sosial Bagi Lansia Terlantar di Luar Panti Tahun Anggaran 2022 di LKSLU Nurul Islam Kecamatan Sukaraja. (foto: ist)

V. Kegiatan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual dan Sosial Bagi Lansia Terlantar di Luar Panti Tahun Anggaran 2022 di LKSLU Nurul Islam Kecamatan Tanjungsari.

Maksud kegiatan ini adalah memberikan pelayanan sosial dan rehabilitasi sosial dasar Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) khususnya lanjut usia terlantar di Kabupaten Bogor dan memberikan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual dan Sosial.

Tempat pelaksanaan Kegiatan di laksanakan di AULA LKSLU Nurul Islam, Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari.

Unsur Pelaksana Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber dan Pendamping: Narasumber satu orang / Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, Pendamping tiga orang / dua orang dari LKSU dan 1 Orang dari PSL Tanjungsari.

Instruktur: Satu orang / LKS Sakura Indonesia Al Jamaan. Peserta berasal dari Binaan LKSLU di luar panti sebanyak 30 lansia.


Kegiatan Bimbingan Fisik, Mental, Spiritual dan Sosial Bagi Lansia Terlantar di Luar Panti Tahun Anggaran 2022 di LKSLU Nurul Islam Kecamatan Tanjungsari. (foto: ist)

VI. Kegiatan Bimbingan Sosial Kepada Keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Ppks) Bagi Tuna Sosial Tahun Anggaran 2022.

Maksud kegiatan ini adalah implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bogor nomor 7 tahun 2016 tentang Pelayanan Kesejahteraan Sosial, dan mendukung mewujudkan Panca Karsa Kabupaten Bogor yaitu: Bogor cerdas, Bogor sehat, Bogor maju, Bogor membangun dan Bogor berkeadaban.

Tujuan dari Kegiatan Bimbingan Sosial Kepada Keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Bagi Tuna Sosial Tahun Anggaran 2022, yaitu:

1. Mencegah dan mengurangi tumbuh kembang serta meluasnya masalah kesejahteraan sosial.

2. Mencegah perilaku sosial yang dapat menimbulkan keresahan dan ketertiban umum.

3. Mengentaskan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar dapat hidup layak guna memperbaiki kondisi kesejahteraan sosial.

4. Mewujudkan kesadaran dan tanggungjawab masyarakat/potensi sumber kesejateraan sosial di wilayah penjangkauan.

5. Meningkatkan peran serta sosial masyarakat dalam melaksanakan usaha kesejahteraan sosial di wilayah penjangkauan.

Tempat pelaksanaan Kegiatan diselenggarakan di Hotel Accram yang beralamat di Jl. Raya Puncak-Cipayung KM.75, No.100, Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, dengan Protokol Kesehatan.

Unsur Pelaksana Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber, Instruktur Dan Moderator berasal dari, yaitu:

1. Drs. Ipik Supena, MM dari Dinas Sosial Prov. Jawa barat.

2. Irtanti Wulandari, SE dari UPTD PPSGWM Cirebon.

3. Drs. RM Hendi Kusumah Dari Panti PPSGWM Cirebon.

4. Dra. Haryani,MM dari Dinas Sosial Prov. Jawa barat.

5. Hilam Budiman dari Sakti Peksos Kementerian Sosial.


Kegiatan Bimbingan Sosial Kepada Keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (Ppks) Bagi Tuna Sosial. (foto: ist)

VII. Kegiatan Bimbingan Bimbingan Sosial Bagi Pendamping Disabilitas Mental Se-Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud dan Tujuan kegiatan adalah memberikan Bimbingan Sosial serta Pelatihan bagi Pendamping Disabilitas Mental di Wilayah Kabupaten Bogor.

Tempat pelaksanaan kegiatan di Hotel New Ayuda Jl.Raya Puncak Cipayung Kec, Megamendung Kab. Bogor, pada tanggal 30 Maret s/d 01 April 2022.

Unsur Pelaksana Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Peserta: Peserta sebanyak 50 orang terdiri dari 40 Orang Pendamping Disabilitas Mental Kecamatan Se-Kabupaten Bogor.

Narasumber dan Pendamping:

1. Ema Widiati, M.Si dari Kementerian Sosial Republik Indonesia 

2. Drs. H. Supriadi, S.Ag., SH., MH dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat

Instruktur:

1. Deri Septiadi Dimyati, S.ST dari BRSPDM Phala Martha Sukabumi 

2. Yoyok Dwi Hertanto, S.ST dari BRSKPN Galih Pakuan Ciseeng.


Kegiatan Bimbingan Bimbingan Sosial Bagi Pendamping Disabilitas Mental Se-Kabupaten Bogor. (foto: ist)

VIII. Kegiatan Peningkatan Peningkatan Kemampuan Potensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tahun Anggaran 2022 di Hotel Accram Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud dari kegiatan Pningkatan Kemampuan Potensi Tenaga  Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tahun Anggaran 2022 di Hotel Accram Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022 adalah, Meningkatkan Penguatan Peran dan Fungsi Serta SDM Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dalam Penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Bogor.

Tujuan dari kegiatan tersebut, yaitu peningkatan dalam pelayanan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), peningkatan dalam Program/kegiatan di bidang kesejahteraansosial dan peningkatan dalam pendampingan sosial.

Sasaran Kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kewenangan Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022 adalah 40 orang yang terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di wilayah Kabupaten Bogor.

Tempat dan waktu pelaksanaan di Hotel Accram, Jl. Raya Puncak-Cipayung,Km 75 No. 100, Cipayung Girang Kec.Megamendung, Kabupaten Bogor, tanggal 21 s/d 22 Maret 2022.

Pelaksanaan Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber terdiri dari:

1. PNS Esselon III Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat Kemensos RI sebanyak 1 orang.

2. PNS Esselon III Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat sebanyak 1 orang.

3. Widyaiswara UPTD Pengembangan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial sebanyak 1 orang.

4. Praktisi Pekerjaan Sosial sebanyak 3 orang.


Kegiatan Peningkatan Peningkatan Kemampuan Potensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tahun Anggaran 2022 di Hotel Accram Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. (foto: ist)

IX. Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Se-Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022.

Maksud dan tujuan dari Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Se-Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022 adalah:

a. Memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat digunakan untuk pelayananan;

b. Meningkatkan peran serta LKS untuk membantu Dinas Sosial dalam penanganan PPKS;

c. Meningkatkan kebersamaan, partisipasi, kemitraan, dan kerja nyata LKS di masyarakat.

Tempat dan waktu pelaksanaan acara dilaksanakan di Pesona Anggraeni Hotel, Jl. Raya Puncak KM 80 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Waktu pelaksanaan selama 3 hari dari tanggal 28 s.d. 30 Maret 2022.

Pelaksanaan Kegiatan: Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Dr. Mustakim, S.Pd, MM, memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara.

Narasumber dan Instruktur berasal dari:

a. Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial RI;

b. Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat; 

c. Dinas Sosial Kota Bandung;

d. UPTD PPSBR Bandung;

e. Praktisi Pekerja Sosial Bersama.


Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Se-Kabupaten Bogor. (foto: ist)

 

(***/gohan/adv)