X
 


Praktisi Hukum, Ali Syaifudin, SH, MH Menyoal Tentang Pasal 112 KUHP Bagi Penyalahguna Narkotika

Ronald - Nov 24, 2022 15:46:58
Praktisi hukum, M. Ali Syaifudin, SH, MH. (foto: ist)

JAKARTA – sinarpagibaru.id

Praktisi Hukum Ali Syaifudin, SH, MH usai turut hadir dalam acara kuliah umum tentang hukum narkotika yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Trisakti, Rabu, (23/11/2022).

Saat diminta tanggapannya tentang penerapan hukum pada masyarakat yang berhadapan dengan kasus narkotika, dia berpendapat ada ketidakpastian atau ketidakjelasan penerapan pasal yang disangkakan.

Dia menjelaskan penerapan pada pasal 112 Kitap Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang kerap digunakan pada tersangka penyalahguna dan pengedar narkotika yang merupakan pilihan sulit bagi Hakim yang berpatokan pada dakwaan.

Unsur kejahatan pasal itu adalah memiliki, menyimpan dan menguasai, maka sesuai ketentuan Undang-Undang pidananya memperhatikan ancaman pidana minimum dan maksimum.

Padahal menurutnya, kejahatan kepemilikian ataupun penguasaan narkotika perlu ada kepastian hukum apakah tersangka itu menyalahgunakan narkotika untuk dikonsumsi atau untuk diperjualbelikan.

Dia mencermati materi DR. Anang Iskandar, SH, MH saat mengisi materi dalam kuliah umum tersebut, Ali Sayifudin mengatakan bahwa inti pengaturan hukum yang berkaitan dengan narkotika itu adalah aturan tentang pelarangan untuk dikonsumsi dan larangan untuk diperjual belikan.

Sehingga, lanjut Ali, perlu ada kepastian hukum bagi masyarakat yang berhadapan dengan hukum soal narkotika, apakah obat terlarang itu digunakan untuk dikonsumsi atau diperjualbelikan, ungkapnya.

Jika diketahui untuk dikonsumsi, maka sepatutnya penerapannya adalah pasal 127 bukan atau tanpa pasal 112 yang disamakan dengan kejahatan pengedar yang notabene untuk diperjualbelikan.

Hal ini tentu perlu menjadi perhatian bagi pemerintah dalam memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yang berhadapan dengan hukum narkotika, tutupnya yang saat ini sedang mengikuti program kuliah S3 di FH Trisakti itu. (rnl)