X
 


Pemprov Kalsel Akan Tampilkan Tari Kreasi Cerita Rakyat Di Parade Tari Nusantara 2023

Charles - Nov 10, 2023 16:13:47

BANJARBARU, SINARPAGIBARU.ID - Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatsn kembali mengirimkan para penari untuk ikut memeriahkan parade tari nusantara ke 39 tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 12 November 2023.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati mengatakan pihaknya akan mengirimkan peserta dari Festival Karya Tari Daerah 2023.

Para penari yang akan kami kirimkan ini merupakan seniman dari Kabupaten Banjar yaitu Sanggar Kamilau Intan Banjar yang pada saat perlombaan kemarin mendapatkan juara pertama sebagai penampil terbaik, ucapnya, Banjarmasin, Jumat (10/11/2023).

Ia menerangkan penampilan yang akan ditampilkan oleh sanggar kamilau intan merupakan cerita rakyat dari kabupaten banjar dengan judul tarian “Tari Pusaka Kasih”. Tarian ini menceritakan hubungan pria dan wanita yang kandas karena larangan orang tua.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan alasan pihaknya mengangkat tarian tersebut, selain dikarenakan mengikuti tema pada parade tari nusantara ke 39, pihaknya ingin mengenalkan salah satu cerita rakyat yang sangat dikenal oleh masyarakat Kalsel. Lalu untuk total penari serta pemusik yang akan ikut dalam parade sebanyak 18 orang.

Dengan pengiring musik dan tarian yang sudah kami persiapkan jauh – jauh hari, semoga akan menampilkan tarian yang apik dan memukau juri maupun masyarakat yang menonton, ungkapnya.

Sunjaya menuturkan pada garapan kali ini dari segi musik hingga properti akan ada beberapa inovasi. Sehingga cerita yang ingin disampaikan pada pertunjukan nanti diharapkan bisa lebih dinikmati.

Kami berharap dengan garapan kali ini bisa membawa Kalsel membawa gelar juara pada parade tari nusantara ke 39 tahun 2023, harapnya. (din/mc).