X
 


PPSDM Kemendagri Reg. Bukittinggi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Selama 6 Hari

Ronald - May 11, 2022 15:15:12
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Sugeng Hariyono, saat pembukaan pelatihan kepemimpinan administrator angkatan ke-III PPSDM Kemendagri Reg. Bukittinggi, Sumatera Utara, secara virtual di Jakarta, Senin (9/5/2022). (foto: i

SUMATERA UTARA – sinarpagibaru.id.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bukittingi menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan ke-III.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi Pejabat Administrator.

Yang diharapkan agar para peserta mampu melaksanakan tugas jabatan secara operasional dengan dilandasi kepribadian etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.

Terkait pelatihan tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Sugeng Hariyono mengatakan, pelatihan kepemimpinan penting dilakukan.

Hal ini dalam rangka membentuk pemimpin agar mampu mencapai target/visi organisasi, walaupun memiliki keterbatasan dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, waktu, dan aspek lainnya.

Kepemimpinan menjadi hal yang sangat penting dan menentukan dalam pencapaian tujuan organisasi, ungkapnya.

Kemampuan untuk mengarahkan dan mengatur SDM Aparatur, serta mengelola potensi untuk mencapai tujuan organisasi seyogianya perlu terus diasah dan dikembangkan yang salah satunya melalui pelatihan kepemimpinan,” kata Sugeng secara virtual di Jakarta, kemarin, Senin (9/5/2022).

Lebih lanjut dia menerangkan, dengan adanya pelatihan yang berlangsung dari tanggal 9 Mei hingga 15 September 2022.

Para peserta dapat membangun karakter dan sikap perilaku kepemimpinan Pancasila yang berintegritas dan menjunjung tinggi etika birokrasi yang berwawasan kebangsaan.

Selain itu, para peserta dapat bertanggung jawab dalam memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di unit instansi sebagai bentuk kemampuan kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme.

Sugeng mengingatkan, keterampilan seorang pemimpin perlu didukung melalui berbagai aspek tidak hanya secara kognitif, tapi juga memperhatikan aspek afeksi dan psikomotorik.

Hal ini untuk mendukung pembuatan rencana kerja atau pengelolaan anggaran agar mampu menyelesaikan tugas dan mencapai visi organisasi.

Adapun pelaksanaan pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yang kompeten dengan partisipasi peserta dari pemerintah daerah sebanyak 40 orang.

Para peserta berasal dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Dharmasraya. (nanda/puspen)