X
 


Kodam XII/Tpr Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Charles - Oct 02, 2022 15:53:34

KUBU RAYA, sinarpagibaru.id - Untuk mengenang para Pahlawan Revolusi serta melestarikan Pancasila, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara berlangsung khidmat dan tertib dipimpin oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr, Sabtu (1/10/22).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pagi tersebut diikuti oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil se-garnizun Pontianak. Kegiatan yang mengambil tema,"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" juga dihadiri para pejabat utama Kodam XII/Tpr.

Upacara kali ini sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi nasional yang populer dengan sebutan G30S/PKI pada tahun 1965, dimana pada tanggal 30 September 1965 terjadi kudeta oleh PKI yang ingin mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis.



Namun karena ampuh dan saktinya Pancasila, yang terpatri kokoh sebagai pemahaman dan keyakinan dalam diri setiap anak bangsa, maka upaya merubah ideologi tersebut pun gagal. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober ini, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri.

Hal ini penting khususnya bagi generasi muda. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah bangsanya. Sebagai Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr yang juga sebagai generasi penerus bangsa harus melaksanakan tugas pokok mengawal Pancasila.

Sebagai generasi muda kita semuanya memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kokohnya Pancasila sebagai Falsafah Bangsa dan Negara Indonesia, dari rongrongan kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubahnya.

(Ramsyah)