X
 


Kembangkan Kompetensi ASN Papua dengan Program Magang Lintas Instansi

Nanggar - Nov 17, 2022 23:28:21

JAKARTA – Perhatian khusus diberikan bagi aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Papua. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menciptakan strategi pendampingan dan peningkatan kompetensi bagi ASN wilayah Papua dengan program magang. Pengembangan kompetensi tersebut ditetapkan sebagai prioritas nasional serta selaras dengan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) yang membutuhkan kesiapan sumber daya manusia.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 20/2022 tentang Peran Serta Instansi Pemerintah dalam Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Daerah Papua melalui Program Magang. Surat edaran ini dimaksudkan untuk mendorong keterlibatan instansi pemerintah dalam pelaksanaan strategi pengembangan kompetensi ASN Papua.

“SE ini bertujuan mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua melalui pembangunan pada bidang sumber daya manusia aparatur,” jelas surat yang ditandatangani Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas tersebut.

Tujuan kedua adalah mengembangkan kompetensi ASN Papua melalui program magang yang efektif, dengan kolaborasi antar-instansi pemerintah. Sejumlah instansi pemerintah yang terlibat dalam program ini didorong untuk berpartisipasi sesuai tugasnya masing-masing.

Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan analisis, menyusun, dan menetapkan pedoman program magang. Pedoman tersebut harus selaras dengan program percepatan pembangunan kesejahteraan wilayah Papua setelah mendapatkan pertimbangan dari Menteri PANRB.

Sementara, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan, didorong memberi dukungan dan fasilitas terhadap program dan anggaran penyelenggaraan pengembangan kompetensi ini.

Sedangkan instansi daerah di wilayah Papua bertugas melaksanakan seleksi administrasi dan mengirimkan ASN Papua kepada LAN sesuai pedoman yang disusun. LAN juga melakukan seleksi substansi, menetapkan dan menentukan penempatan peserta pada mitra magang.

LAN pun bertugas melakukan koordinasi, menyinergikan, serta menyinkronkan program dan kegiatan pengembangan kompetensi. Evaluasi program ini akan dilakukan sesuai dengan pedoman yang disusun oleh LAN, dan melaporkan kepada Menteri PANRB. (Gtg)