X
 


Dukung Program Ketahanan Pangan, TNI AL Banjarmasin Laksanakan Panen Raya Jagung

Charles - Jan 11, 2023 15:13:46

PELAIHARI, sinarpagibaru.id - Rabu, (11/01/2023), Dalam rangka membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan penguatan kedaulatan pangan melalui sektor pertanian. Dengan lahan pertanian seluas 2 hektare dilahan ketahanan pangan binaan Lanal Banjarmasin bertempat di Desa Transal Tambang Ulang Kec. Tambang Ulang Kab. Tanah Laut telah dilaksanakan panen raya jagung jenis hibrida dengan hasil secara keseluruhan mencapai 4.400 Kg.
 
Lahan pertanian tersebut dikerjakan oleh Prajurit Lanal Banjarmasin dengan warga setempat yaitu mulai dari proses penanaman, perawatan dan pengelolaan sampai dengan jagung siap dipanen membutuhkan waktu selama 90 hari (3 bulan) 
 
Disaat kegiatan berlangsung, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla didampingi Perwira Stafnya mengatakan, panen raya jagung ditempat yang sama ini sudah kita laksanakan tiga kali yaitu pada tanggal 10 Januari 2022 dan 23 November 2022 memperoleh hasil sebanyak 7.000 Kg.
 
Diketahui, jagung merupakan bagian alternatif dari kebutuhan pokok, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani hal ini bisa dijadikan motivasi supaya terpacu dalam memanfaatkan lahan guna menghidupkan perekonomian sebagai sumber ketahanan pangan nasional maupun di daerah.
 
Tanaman jagung yang sudah dipanen tersebut merupakan keberhasilan dan keseriusan Prajurit Lanal Banjarmasin untuk membantu dan mensukseskan kemajuan ekonomi di lapisan masyarakat serta sebagai aksi cepat tanggap TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan ataupun kesulitan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara., jelas Danlanal
 
Selesai pelaksanaan panen ketua kelompok tani jaya mulya warga Transal Tambang Ulang Sdr. Slamet mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang sudah berperan aktif membantu  perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Turut hadir pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, tokoh masyarakat, kelompok tani jaya mulya serta para tamu dan undangan lainnya. (din).