X
 


Deritawati: Jumlah Wartawan Yang Ikut UKW Disesuaikan Dengan APBN

Ronald - Nov 04, 2023 14:29:53
foto: Deritawati. (ist)

KALIMANTAN TIMUR–SINAR PAGI BARU.

Deritawati salah satu pengurus Dewan Pers, usai mendampingi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Dr. Soetomo di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur memaparkan bahwa UKW kali ini merupakan rangkaian dari empat puluh kegiatan yang difasilitasi oleh Dewan Pers.

Di setiap kegiatan maksimal merekrut sebanyak 42 peserta, namun terkadang ada peserta di setiap daerah melebihi dari kuota, ujarnya usai kegiatan, Selasa, (31/10/2023), sembari mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari tahun ketiga yang menggunakan dana APBN.

Hal itu menurutnya disebabkan jumlah wartawan yang ingin mengikuti UKW meningkat. Untuk itu pihaknya tetap menyesuaikan dengan dana APBN yang ada, tutupnya saat ditanya wartawan media ini terkait dengan kapasitas penyelenggaran UKW yang dilakukan oleh Dewan Pers di seluruh Indonesia.

Terkait kegiatan kali ini, wartawan meminta tanggapan Riri selaku panitia bagian administrasi menjelaskan, jumlah peserta UKW yang hadir berjumlah tiga puluh tujuh peserta yang diselenggarakan selama dua hari, 30 Oktober sampai 01 November 2023.
Terdiri dari peserta UKW untuk tingkat utama berjumlah dua belas orang, tingkat madya tiga orang dan tingkat muda sebanyak dua puluh dua orang, terangnya.

Sementara itu, tanggapan dari salah satu dewan penguji peserta UKW, Rahmat Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan selama dua hari ini berjalan dengan aman dan lancar. Semua peserta terlihat sangat antusias.

Dia menjelaskan, pada waktu pra UKW pihaknya melakukan tes tertulis, dan diberikan tugas untuk menjadi bahan penilaian, tuturnya. (marudut sijabat)