X
 


Dengan Gelar Berbagai Event, Kota Yogyakarta Juga Terus Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas SDM Pariwisata

Anton - Nov 14, 2023 08:33:05
Tazbir Abdullah (tengah), pengamat pariwisata yang juga Dosen Vokasi UGM saat event JOGJA ITTAF Tahun 2023 di Plaza Mallioboro Jogjakarta.

YOGYAKARTA – Yogyakarta terus meningkatkan daya tarik pariwisatanya. Termasuk Kota Yogyakarta dengan menggelar berbagai event-event unggulan pada tahun 2024, yang sekaligus juga akan semakin meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM pariwisata yang ada.

Tahun 2024, akan ada sekitar 170 event lebih yang akan digelar untuk menyemarakkan pariwisata di Kota Yogyakarta. Dengan banyaknya event yang akan digelar baik seni, budaya, hingga sport tourism, dan tempat-tempat menarik di Yogyakarta, diharapkan juga semakin meningkatkan SDM pariwisata Yogyakarta yang terus berusaha semakin profesional guna mewujudkan pariwisata Yogyakarta yang aman dan nyaman, yang tentunya akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama kunjungannya di Yogyakarta.

Demikian dikatakan Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo belum lama ini kepada wartawan. Dengan sejumlah event ini, diharapkan juga akan meningkatkan kapasitas SDM pariwisata Yogyakarta, tambah Singgih.    

Tazbir Abdullah, pengamat pariwisata yang juga Dosen Vokasi UGM di sela-sela acara JOGJA ITTAF Tahun 2023 di Plaza Mallioboro Jogjakarta pada Kamis (9/11/23) kepada wartawan SPB mengatakan, dengan adanya berbagai event-event di Yogyakarta, diharapkan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama kunjung, termasuk spending money. Yang pastinya ini juga akan meningkatkan SDM pariwisatanya untuk semakin profesional.

Dengan meningkatkan pariwisata Yogyakarta, maka akan memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat Kota Yogyakarta, ungkap Tazbir Abdullah yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama 3 tahun (2014-2016).

Sementara itu menurut informasi yang dihimpun wartawan SPB, ada 14 event unggulan dari ratusan event yang akan digelar disepanjang tahun 2024. Seperti Pekan Budaya Tionghoa, Jogja Cross Culture, ArtJog, Prambanan Jazz, Kotabaru Heritage Festival, Festival Kebudayaan Yogyakarta, Pasar Kangen, Sumonar, Pasar Lawas Mataram, Jogjarockarta, Land of Leisures, Kustomfest, Wayang Jogja Night Carnival, dan Ngayogjazz. (ANTONI/KARLES)