X
 


Aznil Tan: Kegaduhan Penyelenggaraan Pemilu 2024 Sudah Selesai

Ronald - Apr 21, 2022 15:30:06
Aznil Tan, Aktivis Barikade 98 dan juga Ketua Umum Iluni UMB. (foto: ist)

JAKARTA – sinarpagibaru.id.

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Mercu Buana (Iluni UMB), Aznil Tan, menyampaikan kegaduhan politik tentang kepercayaan publik atas kepastian penyelenggaraan Pemilu  2024, sudah selesai.

Hal itu diperkuat lagi pernyataan Jokowi yang sudah menyatakan pemilu selanjutnya tetap digelar pada 14 Februari 2024, ujarnya.
Disamping itu, Aznil Tan, mengakatan bahwa sekarang politisi yang berhasrat tinggi untuk berkuasa di 2024 sudah bisa bernafas lega.

“Jokowi sendiri sudah menantang para menterinya untuk maju pada Pilpres 2024 nanti. Jadi elit politik jangan bikin gaduh lagi tentang kepastian Pemilu 2024," kata Aznil kepada awak media, Jakarta (15/4/2022).

Aznil Tan menantang para warga negara Indonesia untuk berani menyatakan dirinya siap maju sebagai Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden tanpa malu-malu seperti dilakukan Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

"Lucunya bangsa ini, masih tabu mendengar seseorang menyatakan dirinya ingin maju sebagai Capres - Cawapres, bahkan dianggap tidak etis. Jaman sudah berubah tetapi budaya Orba masih kental. Masih ewuh pekewuh," katanya.

Tokoh Aktivis 98 ini menyindir jawaban Prabowo terlalu bernuansa Orba pada saat Jokowi bertanya kepada para menterinya yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024 nanti.

"Jawaban Prabowo itu terlalu kental Orbanya. "Kalau ada izin bapak', 'mohon petunjuk bapak', 'jika rakyat menghendaki', itu adalah basa-basi politik era Soeharto yang memuakan.

Era reformasi sekarang seharusnya elit politik lantang menyatakan siap maju sebagai Capres atau Cawapres. Budaya ini harus dibangun," jelas Aznil Tan lebih lanjut.

Hal tersebut terungkap saat politikus senior PDIP Panda Nababan mengungkap sekelumit cerita dari balik tembok Istana soal 'persiapan' Pemilu 2024.

Panda menuturkan Jokowi sudah mengumpulkan menteri-menterinya dan bertanya soal hasrat mereka maju Pilpres 2024. Sejumlah menteri menyatakan keinginannya untuk bertarung di Pilpres 2024 ke Jokowi. (charles/red)