Wonderful Indonesia Semakin Gencar Dipromosikan ke Berbagai Negara

SPB - Oct 06, 2019 13:16:14

GOLD COAST AUSTRALIA - Untuk menambah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada tahun 2019, Kementerian Pariwisata telihat semakin gencar melakukan promosi ke berbagai negara. 

Termasuk juga ke berbagai tempat di negara Australia. Salah satunya bekerja-sama dengan Kusuma Indonesia Community Australia (KICA) melalui penyelenggaraan Promosi Wonderful Indonesia pada acara Indonesian Culture yang diadakan di pusat keramaian Surfer Paradise, di Gold Coast, Queensland, Australia tanggal 6 Oktober 2019.

Booth tempat acara pameran seni tari budaya, musik, kuliner dan juga promosi pariwisata Indonesia dari travel agen ini, terlihat sangat ramai disaksikan kurang lebih 800 pengunjung salah satu tempat liburan favorit di Australia ini. 

Pengunjung booth Indonesia di Surfer Paradise Gold Coast ini ternyata bukan hanya dari Australia, tapi juga dari berbagai negara termasuk Korea, China, India, Timur Tengah, Jerman dan USA. Mereka disuguhi tarian, musik tradisional, lucky draw dan juga makanan khas Indonesia serta ditawarkan paket-paket wisata di Indonesia.

Ir Rizky Handayani Mustafa, MBTM., Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan, kita tetap terus berusaha keras mengejar kunjungan wisman dari berbagai negara termasuk Australia.

Australia termasuk salah satu penyumbang wisman terbesar ke Indonesia, ungkap Rizki Handayani.

Kami juga berterima kasih dengan KICA yang membuat acara ini terselenggara dengan baik dan meriah dengan berbagai acara seni budaya dan promosi kuliner bagi para pengunjung. Juga waktu penyelenggaraan acara ini menurut saya adalah sangat tepat, karena ternyata bertepatan dengan waktu liburan sekolah di Australia dan sedang long weekend di Australia, ujar Rizki.

Dalam acara ini juga ada kegiatan consumer selling bekerja sama dengan travel manager yang menyediakan tiket dengan harga menarik untuk berbagai destinasi di Indonesia, bukan hanya Bali dipromosikan tapi juga Lombok, Labuan Bajo Komodo, Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang dan sekitarnya) juga daerah lain, jelas Rizki.

Sementara itu Adella Raung, SE. Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional IV, Kementerian Pariwisata mengatakan, Australia adalah merupakan salah satu negara penyumbang wisman terbesar ke Indonesia. Di tahun 2018, Australia menempati peringkat ke-5 untuk jumlah kedatangan wisman ke Indonesia menurut kebangsaan. 

Menurut Badan Pusat Statistik, selama 2018 Indonesia dikunjungi oleh 1,3 juta kunjungan wisatawan asal Australia. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi besarnya jumlah wisman asal Australia tersebut, antara lain letak geografi Australia yang berdekatan dengan Indonesia, ketertarikan wisman Australia terhadap atraksi alam dan budaya Indonesia juga terutama biaya berlibur di Indonesia yang cenderung murah, jelas Adella.

Ditambahkan Adella, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki beragam atraksi alam dan budaya yang sangat menarik bagi wisatawan Australia. Mereka juga sangat suka dengan pakaian-pakain dan juga kuliner khas Indonesia, ungkap Adella.

Thia, salah seorang pengurus dari KICA di tengah-tengah acara seni budaya Indonesia tersebut mengatakan, kami sangat bangga bisa bersama Kementerian Pariwisata ikut mempromosikan Wonderful Indonesia di Gold Coast, Queensland ini. 

Acara ini meski pertama kali diadakan bersama KICA, menurut kami sudah terlaksana dengan sukses. Terlihat dari sangat banyak pengunjung yang antusias menyaksikan acara ini.

Perlu diketahui, kata Thia, pengunjung yang datang berlibur ke Surfer Paradise Gold Coast ini bukan hanya dari Australia atau wilayah lain di Australia saja. Tapi juga dari berbagai negara seperti China, Korea, India, negara-negara di Timur Tengah, Jerman, USA dan banyak negara lainnya, jelas Thia.

Sementara Aileen Collins dari salah satu travel agen di Australia, yaitu tepatnya dari TravelManagers menambahkan, acara ini sangat menarik dan diadakan di waktu dan tempat yang tepat. Semoga ke depannya bisa jauh lebih baik lagi.

Ditambahkannya, kami menjual paket-paket ke berbagai tempat seperti Bali, Labuan Bajo juga Solo dan Jogjakarta, jelas Aileen. (AF/DSY)

Berita Terkait