X
 


Wamen ATR/BPN Terima Penghargaan Tokoh Peduli Hak-Hak Masyarakat Pulau Pesisir dari Aspeksindo

SPB - Oct 10, 2021 20:31:10

SINAR PAGI BARU, BELITUNG - Surya Tjandra, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) menerima penghargaan Tokoh Peduli Hak-Hak Masyarakat Pulau Pesisir dari Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di atas Kapal KRI Semarang, Jumat (08/10/2021). Penghargaan ini diterima Wamen ATR/Waka BPN saat menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional II.

Andi Fajar Asti, Direktur Eksekutif Aspeksindo mengatakan bahwa penghargaan ini layak diberikan kepada Wamen ATR/Waka BPN atas dedikasinya membantu percepatan penyertipikatan pulau-pulau kecil terluar. “Pak Wamen ATR/Waka BPN ini luar biasa karena selama ini membantu percepatan untuk penyertipikatan pulau-pulau kecil terluar dan juga masyarakat masyarakat pesisir yang jauh dari daratan, melalui optimalisasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). Ya, jadi memang ini sangat progresif,” ungkapnya.

Senada dengan Direktur Eksekutif Aspeksindo, Abdul Gafur Mas’ud selaku Ketua Umum Aspeksindo yang juga menjabat sebagai Bupati Penajam Paser Utara yang turut menghadiri acara tersebut, juga mengatakan bahwa program Kementerian ATR/BPN itu luar biasa karena memberikan hak atas tanah berupa kepastian hukum kepada masyarakat di pulau-pulau terluar. “Kalau pulau terluar sudah ada hak hukumnya maka tidak ada lagi perebutan antar negara. Ini adalah benteng dengan adanya kekuatan hukum di negara kita,” tegasnya.

Wamen ATR/Waka BPN yang diwawancarai usai mendapat penghargaan mengatakan, penghargaan yang diterimanya merupakan sebuah kehormatan bukan hanya untuk dirinya pribadi, tapi untuk Kementerian ATR/BPN dan seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota yang menangani pulau-pulau kecil terluar. “Kalau saya tidak mengira dikasih penghargaan, yang jelas saya cuma melaksanakan tugas. Kita punya 17.000 pulau lebih, ada banyak sekali potensi dan kita punya pagar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Wamen ATR/Waka BPN menjelaskan, Aspeksindo memiliki anggota berjumlah 333 kepala daerah pesisir dari berbagai kabupaten/kota. Ini jadi kesempatan untuk seluruh Kantor Pertanahan di 333 kawasan tersebut agar melakukan percepatan legalisasi aset dan pengakuan hak bagi masyarakat, khususnya masyarakat adat dan tradisional yang banyak tinggal di pulau-pulau.

“Kata Bung Karno, Indonesia itu bangsa pelaut. Ini salah satu bentuk konkret nyata kontribusi Kementerian ATR/BPN. Biasanya kita ngurusin tanah, sekarang kita ngurusin pesisir. Itu sebuah terobosan besar buat pekerjaan kita karena tata ruang juga sudah di kita sekarang,” tutupnya.

Sebagai informasi, pemberian penghargaan kepada Wamen ATR/Waka BPN merupakan rangkaian dari kegiatan Pembukaan Munas II Aspeksindo dengan tema "Membangun Indonesia dari Pinggiran" yang diselenggarakan di Kabupaten Belitung pada tanggal 8-10 Oktober 2021. (Gtg)