X
 


Tim Kementerian ATR/BPN Berkunjung Ke Kampung Anggur Kota Tangerang

SPB - Feb 04, 2020 09:33:48

SINARPAGIBARU, KOTA TANGERANG - Pada Jumat (30/01/2020), Tim dari Kementerian ATR/BPN yang diwakili oleh Direktur Land Reform, Sudaryanto bersama Inisiator Kampung Glintung Go Green, Bambang Irianto melakukan kunjungan ke Kampung Anggur di Kelurahan Uwung Jaya, Kota Tangerang. Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana keberhasilan sistem yang dibangun masyarakat terkait pemberdayaan di lingkungan Kampung Anggur.

Acara dimulai dengan ramah tamah bersama Ketua RW 03, Boedi Santoso beserta para warga yang turut menyambut kedatangan tim dari Kementerian ATR/BPN. Lalu dilanjutkan dengan diskusi mengenai kiat-kiat dalam membentuk Kampung Anggur menjadi kawasan yang sadar lingkungan serta bagaimana cara untuk menghidupkan semangat masyarakat untuk mau berkontribusi bagi kelestarian lingkungan.

Sebelum berangkat ke Kampung Anggur, tim Kementerian ATR/BPN mendapat arahan langsung dari Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra dan Bambang Irianto selaku tokoh reforma agraria dengan prestasinya yang sukses di Kampung Glintung Go Green, Malang.

“Saya harap, nantinya business model yang digunakan oleh warga Kampung Anggur dapat direplikasi oleh Kementerian ATR/BPN untuk digunakan di lokasi pemberdayaan lainnya,” ungkap Surya Tjandra.

Kampung Anggur yang diprakarsai oleh Boedi Santoso, Ketua RW 03 Kelurahan Uwung Jaya, Kota Tangerang sejatinya lahir dari kesadaran pribadi akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Dimulai dari ajakannya kepada beberapa orang tetangga, advokasi secara _door-to-door,_ hingga kesadaran akan lingkungan meluas ke beberapa RW di sekitar Kampung Anggur.

Selain lingkungannya yang sejuk dan penuh tumbuh-tumbuhan, masyarakat Kampung Anggur juga membudidayakan Lebah Teuweul. Lebah ini menghasilkan madu Teuweul yang baik untuk kesehatan dan di dalamnya juga mengandung bee pollen. (Gtg/hms)