Rutan Selayar Gandeng Sanggar Kegiatan Belajar Adakan Kejar Paket B, C Bagi Warga Binaannya

SPB - Oct 22, 2021 22:46:46

SINAR PAGI BARU - SULAWESI SELATAN.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Selayar melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan.  

Didukung Sanggar Kegiatan Belajar, warga binaan Rutan Selayar mendapatkan Pendidikan Kesetaraan Paket B, C dan buta aksara. Kegiatan ini dilaksanakan secara terjadwal seminggu tiga kali, yaitu tiap Selasa, Rabu dan Jumat bertempat di Aula Rutan Selayar.

Kepala Rutan Selayar Nana Herdiana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hak warga binaan dalam memperoleh pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, pendidikan di Lapas dan Rutan sebenarnya merupakan hak dari warga binaan pemasyarakatan.

Selama proses pembelajaran itu, warga binaan dibimbing oleh Sanggar Kegiatan Belajar. Selain materi pendidikan formal, warga binaan juga diberikan pelajaran mengenai materi sejarah indonesia, wawasan kebangsaan dan etika perilaku.

Mustaqim selaku penanggung jawab Sanggar Kegiatan Belajar menjelaskan bahwa pendidikan pembelajaran Kejar Paket A, B dan C adalah solusi yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA.

“Harapan kami mereka bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara. Sehingga ini bisa menjadi bekal saat mereka sudah keluar dari Rutan,” ujar Mustaqim.

(Berkam)

Berita Terkait