X
 


Rutan Cipinang Gunakan Drive Thru Untuk Kunjungan Barang di Hari Raya Idul Fitri

SPB - May 14, 2021 18:04:22

SINAR PAGI BARU - JAKARTA.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih belum bisa bertatap muka. Namun selain inovasi Layanan Kunjungan Online Video Call, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang juga memiliki inovasi lainnya yaitu Layanan Peninitipan Makanan dan Barang dengan Drive Thru.

Layanan ini dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin menitipkan makanan dan barang tanpa harus turun dari kendaraannya sehingga lebih efisien waktu dan mengurangi antrian yang ada. 

Dimana Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun memantau langsung persiapan Layanan Kunjungan Drive Thru ini ke Rutan Cipinang.

“Pelayanan Drive Thru ini sangat bagus, jadi dapat mengurangi kepadatan masyarakat yang datang sehingga mengurangi penyebaran virus di masa pandemi ini. Setelah diperiksa barang dan makanannya jangan lupa untuk dilakukan sterilisasi," tutur Ibnu, Kamis (13/5/2021).

Prosedur layanan drive thru ini yaitu dengan pengambilan nomor antrian dan formulir, lalu masyarakat mengisi formulir tersebut dengan menyertakan fotokopi KTP/SIM. 

Dimana akanan dan barang diperiksa dengan teliti secara 2 tahap yaitu dengan diperiksa secara manual dan dengan mesin X-Ray serta diganti dengan kemasan yang sudah disiapkan kemudian dilakukan sterilisasi. 

Makanan dan barang yang sudah diperiksa dan diganti kemasannya lalu didistribusikan ke Warga Binaan Pemasyarakatan sesuai dengan formulir yang sudah diisi oleh keluarganya.

Layanan penitipan makanan dan barang lebaran ini dibuka 2 hari yaitu tanggal 13 dan 14 Mei 2021 dengan 2 sesi yaitu pada pukul 09:00 – 11:00 WIB dan 13:30 – 15:30.

Ismawati selaku masyarakat yang menitipkan makanan khas lebaran ke Rutan itu turut mengapesiasi inovasi Rutan Cipinang itu.

"Pelayanannya cepat, jadi ga ngantri lama, sistemnya kaya yang di tempat makanan fastfood itu, jadi tidak usah turun dari mobil," ujar Isnawati.

(Berkam)