Program PTSL di Desa Penangon Lor Cirebon, Pemdes Minta Warga Lengkap Administrasi

SPB - Apr 15, 2019 03:26:42

SINARPAGIBARU – CIREBON.

Dalam melaksanakan program pendaftaran tanah untuk pertama kali atau biasa disebut PTSL, Pemerintah Desa Panongan Lor yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon mengawali persiapannya dengan melakukan sosialisasi dan penjaringan warga masyarakat yang berminat untuk membuatan sertifikat secara massal.

Mekanime penjaringan, Pemerintah Desa Panongan Lor menghadirkan seluruh ahli waris dari pemohon dengan tujuan untuk mencari kesepakatan dan kata mufakat atas hak waris yang baru. Outputnya menandai lahan dengan simbol atau patok sementara.

Hal itu disampaikan Agus, selaku Kuwu Panongan Lor kepada media ini, dan mengenai besara tarif sesuai peraturan 3 mentri yang sudah disepakati dibebankan oleh pemohon sebesar Rp 150 ribu.

Menurutnya jumlah besaran pembiayaan itu cukup untuk pelaksaan di lapangan, sehingga Pemeritah  Desa siap membantu untuk mensukseskan  program PTSL ini, ujar Agus.

Ketua panitia penyelenggara PTSL, Ayi saat dikonfirmasi juga menyampaikan, dengan kegiatan penjarigan serta pembenahan administrasi atau pemisahan SPPT (surat pemberitahuan pajak terhitung), selanjutnya menjadi perlengkapan berkas pengajuan.

Diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat proses pelaksaan PTSL, jangan sampai  setelah program selesai akan muncul permasalahan baru dari para ahli waris”, tandasnya.

Kami bekerja sesuai peraturan yang berlaku sehingga masyarakat pun juga harus matuhi peraturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah, karena program ini yang merasakan masyarakat  langsung dan kami pihak panitia hanya sebatas membantu, tuturnya. (ilman/dudi/greg)

Berita Terkait