X
 


Polsek Kintap Melakukan Gotong Royong Atasi Abrasi Pantai Muara Kintap

SPB - Feb 06, 2021 10:15:08

SINAR PAGI BARU, KALIMANTAN SELATAN - POLDA KALSEL, aca buruk pada bulan desember 2020 dan Januari 2021 yang terjadi di perairan Kabupaten Tanah Laut menyebabkan terjadinya pengikisan pantai atau abrasi di wilayah Tanah Laut, Salah satunya terjadi di Pantai Muara Kintap Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut.

Mengantisipasi semakin meluasnya penggerusan di pinggir pantai tersebut, Pemerintah desa Muara Kintap bersama dengan Polsek Kintap dan berbagai pihak membangun tanggul atasi abrasi dengan menggunakan batu Gunung bantuan dari perusahaan di sekitar desa Muara Kintap.

Kapolsek Kintap Iptu Agus Adi Apriyoga, S.I.K, M.H menyebut, abrasi pantai ini bila tidak di antisipasi maka dikawatirkan akses jalan utama menuju desa Muara Kintap akan terputus, karena abrasi sudah mengikis pantai sekitar 10 meter dan saat ini jarak pantai dengan jalan sekitar 3 meter.  

“Kita dari Polri bersama-sama dengan TNI dan komponen masyarakat bergotong royong menangulangi dampak abrasi pantai muara kintap,” kata Iptu Agus Adi Apriyoga, S.I.K, M.H, Sabtu (6/2/2021).

Kepedulian dari perusahaan dan berbagai pihak sangat dirasakan oleh warga masyarakat desa muara Kintap, khususnya korban banjir rob dan abrasi. Diketahui akhibat banjir rob dan abrasi ada beberapa rumah warga yang roboh.

 “Semoga setelah dilakukan tanggul sementara ini, bisa mengatasi abrasi yang terus terjadi ini. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas bantuan pembangunan tanggul tadi juga gotong royong masyarakat dengan sejumlah pihak,” tutur Kepala desa Muara Kintap sdr. Yuliadi. (Din)..