X
 


Polsek Danau Panggang Gelar FGD Terkait Bahaya Covid-19 Dan Situasi Kamtibmas

SPB - Oct 15, 2020 10:15:34

SINAR PAGI BARU, KALIMANTAN SELATAN - Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Berbagai upaya Polres HSU dan Polsek jajaran dalam usaha mempercepat penanganan virus corona (covid-19) yang mana kali ini Polsek Danau Panggang Gelar FGD Terkait Bahaya Covid 19, Senin (12/10/2020). 

Kegiatan Fokus Grub Discussion (FGD) digelar di  Mapolsek Danau Panggang dengan menghadirkan Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo selaku pemateri dan Kepala Upt Puskesmas Danau Panggang yang diwakili Staf Puskesmas Lia Restiawati. Amk selaku pemateri, turut hadir Camat Danau Panggang H. Abdullah, Bhabinsa  mewakili Danramil Danau Panggang Serda Siregar, personil Sat Binmas Polres HSU dan Polsek Danau Panggang, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para  Kepala Desa se Kec. Danau Panggang.

Dalam sambutannya Camat Danau Panggang H. Abdullah sekaligus membuka FGD mengucapkan terima kasih kepada Kasat Binmas Polres HSU,  Kapolsek Danau, Fihak Puskesmas dan seluruh peserta FGD, terutama kepada Polsek Danau Panggang yang berinisiatif dan mempasilitasi FGD ini ujar Camat.

Saya meapresiasi kegiatan ini sebagai upaya dalam mencegah dan  menangangi  penyebaran Covid-19 , tutur, Camat .

Silahlan kita diskusikan, urun rembuk kita bahas dari semua peserta kalo ada saran masukan masalah penanganan covid-19 dan lainnya,tutur Camat.

Kegiatan selanjutnya paparan dari Puskesmas Danau Panggang Lia Restiawati yang menjelaskan cara mewabahnya virus corona (covid-19) dan tata cara menghindarinya, Sebaiknya dalam pandemi covid-19 ini kita harus sadar akan bahaya dari covid-19 yang bisa menyebar dan mematikan, karna virus tersebut tidak  terlihat, tidak berwarna dan tidak berbau,  untuk itu kita harus menerapkan pola hidup sehat, ujar Li Restiawati.

Cara mengatasinya kita selalu memakai masker saat beraktifitas selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan dan mengkomsumsi makan bergizi serta secepatnya periksa kondisi kesehatan ke puskesmas dan puskesdes mana kala ada gejala deman, pusing serta gejala menurunnya  daya tahan tubuh, jangan lakukan kontak fisik dengan siapapun tutur Lia. 

Sementara Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo dalam kesempatan FGD menyampaikan situasi kamtibmas terkini termasuk pandemi covid-19.

Apa yang sudah dipaparkan dari  Puskesmas Danau Panggang tadi sebaiknya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari tentu nya selalu  memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Tinggalkan kerumunan (kadang kita tidak sadar serba ingin tahu mana kala ada kerumunan tentunya tanpa kita sadari jarak kita dengan orang lain saat berkerumun) berpotensi penularan covid-19, untuk itu dengan istilah ( 3M dan 1 T ) mari kita terapkan bersama sama, tutur Kasat Binmas.

Selain itu tidak kalah pentingnya dalam memperingati hari buruh beberapa hari yang lalu, apa yang sudah ditetapkan pemerintah terkait undang undang cipta kerja (Omnisbus Law), sebaiknya kita tidak terhasut dan tidak ikut-ikutan demo, selain rawan terpapar covid-19 juga berpotensi terhasut dan menimbulkan gangguan kamtibmas diantaranya tanpa sadar dan tidak tahu persoalan terpancing ikut ikutan melakukan pengrusakan, penganiayaan dll, sebab sudah ada fihak yang mewakili dalam menyampaikan pandapat di Jakarta sana, himbau Kasat Binmas.

Selanjutnya Kasat Binmas AKP Hartoyo memaparkan bahaya Narkoba dikalangan masyarakat yang masih ada oknum warga mengkomsumsi Narkoba, terbukti Sat Resnaroba Polres HSU dan Polsek  berhasil mengungkap kasus Narkoba mari kita perangi dan tangani bersama sama Bahayanya Narkoba. 

Informasikan bila mana ada oknum warga yang memakai apa lagi mengedarkan Narkoba dan obat terlarang lainnya, kami jamin kerahasiahan pelapor, ujar Kasat Binmas.

Hal lain terkait pelaksanaan Pilgub Kalsel, mari kita sama - sama sukseskan Proses Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel dengan bersama sama kita ciptakan sitkamitbmas yang aman, damai dan sehat, tutup Kasat Binmas.

Terpisah Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K. M.H melalui Kapolsek Danau Panggang Iptu Momo Jon Rodok mengutarakan kegiatan FGD ini  dilaksanakan sebagai upaya penekanan penyebaran dan penanganan Covid-19 dan diskusi permasalahan Kamtibmas di Kabupaten HSU khususnya di Kecamatan Danau Panggang, ujar Kapolsek.

Untuk menumbuhkan kesadaran dan disiplin warga masyarakat di daerah hukum kami,  dengan maksud supaya para Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh pemuda serta para kepala desa bisa menyampaipan  hasil FGD ini ke warga nya.

Kegiatan ini juga merupakan tindak  lanjut program Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta, S.I.K,.S.H,.M.H dan kebijakan pemerintah yakni Peraturan Bupati (Perbup) HSU  Nomor 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dalam Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), semoga Kamtibmas di Kab. HSU semakin aman kondusif dan sehat apa lagi saat ini sudah masuk tahapan Pilgub Kalsel, ujar Kapolsek Danau Panggang Iptu Momo JR. (Din).