X
 


Peringatan HUT R.I Ke-73 Kepri, Gubernur: Kerja Kita Prestasi Bangsa

SPB - Aug 19, 2018 21:13:34

SINARPAGIBARU-TANJUNGPINANG.

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Nurdin Basirun, pembaca naskah Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, dan selaku komandan upacara adalah AKBP Kariawan Barus dari Polda Kepri.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 Pemrov Kepri dimulai pukul 10.00 wib bertempat di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (17/8).

Barisan pasukan terdiri dari berbagai instansi, baik TNI, Polri, lembaga vertikal, OPD, pelajar, mahasiswa, pramuka, juga organisasi masyarakat, sedangkan anggota Paskibra terdiri dari 45 pelajar putra dan putri yang terpilih dari seluruh SMA yang ada di Kepri.

Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan pesan kemerdekaannya, semangat kemerdekaan harus mampu membangun optimisme untuk menghadapi berbagai situasi yang berkembang saat ini, baik global maupun domestik, ujarnya.

Gubernur menyatakan bahwa stabilitas dan keamanan Kepulauan Riau saat ini terus terjaga dari berbagai sisi, baik ekonomi, sosial, politik dan kemananan. Dengan amannya kondisi tersebut tentu pembangunan dapat berjalan lancar.

Untuk itu, Gubernur mengajak semua pihak untuk memantapkan tekad bersama-sama membangun bangsa dan negara dengan semangat “Kerja Kita Prestasi Bangsa”, Gubernur juga menyatakan bahwa pemerintahanya juga bertekad untuk “Kerja Berprestasi Membangun Negeri”, ungkapnya.

Menurutnya, kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi, disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat dan optimisme pembangunan..

Pada kesempatan itu juga, Gubernur menyinggung ajang ASIAN GAMES XVIII di Jakarta dan Palembang dimana Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah ASIAN GAMES setelah 56 tahun. Untuk itu ia menghimbau agar seluruh elemen untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Tampak hadir pada upacara, Wakil Gubernur H. Isdianto, Sekda Provinsi Kepri H. TS Arif Fadillah, Kepala Kejaksaatn Tinggi Kepri Dr. Asri Agung Putra, Kapolda Kepri Irjen Pol. Didid Widjanardi, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI. R. Eko Suyatno, Kabinda Kepri Brigjen Pol. Suharyono, Kepala Kantor Pertahanan Kepri Brigjen TNI. A. Pong Bija, Danlanud RHF Kol. Pnb Dadan Gunawan. Sementara di kursi-kursi VIP dan VVIP tampak jajaran anggota veteran yang hadir.

Masyarakat juga tampak ramai di sebelah bagian depan, kanan dan kiri memadati halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, antusias menyaksikan prosesi jalannya upacara peringatan proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Provinsi ini yang dipusatkan di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang.

Usai upacara ada penampilan sosiodrama, selanjutnya berbagai perlombaan permainan rakyat seperti panjat pinang, tarik tambang dan sebagainya.

Penulis: Baringin/redaksi.

Foto: Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun dan Ketua Paskibra. (ist)