Perawatan Mesin X-Ray, Alat Pendeteksi Barang Yang Masuk ke Lapas Perempuan Jakarta

SPB - Nov 25, 2021 16:39:17

SINAR PAGI BARU - JAKARTA.

Siapa yang tidak kenal kenal Superman, si manusia super yang memiliki penglihatan tembus pandang dengan kekuatan X-RAY. Begitupun di dalam Lapas Perempuan Jakarta, memiliki alat yang dapat memiliki penglihatan tembus pandang atau yang disebut mesin X-Ray. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas dan Rutan.

Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT) yang telah memiliki dan menggunakan Mesin X-Ray dalam setiap penggeledahan barang bawaan pengunjung yang datang untuk mengirim barang kepada keluarga warga binaan yang ada di dalam Lapas Perempuan Jakarta. 

Sehingga perlu rutin dilakukan pemeliharaan dan perawatan agar dalam penggunaannya tetap berjalan dengan optimal. Selasa (24/11/2021) setelah melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan akhirnya dilakukan pemeliharaan dan perawatan rutin Mesin X-Ray yang sudah beroperasi hampir 4 tahun.

"Mesin X-Ray ini merupakan alat yang paling vital dalam setiap penggeledahan barang bawaan petugas dan pengunjung. Karena merupakan salah satu upaya mencegah penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Lapas ini," ungkap Herlin Candrawati selaku Kalapas Perempuan Kelas IIA Jakarta.

Dalam harwat kali ini, Tim Teknisi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menjelaskan tidak ada kerusakan serius hanya perlu dilakukan kalibrasi belt dan pembersihan perangkat sehingga mesin dapat kembali berfungsi secara maksimal.

(Berkam)

Berita Terkait