X
 


Penguatan Sinergitas, Karantina Uji Standar Lakukan Rapat Koordinasi Dengan Dinas KPKP Prop. DKI

SPB - Sep 09, 2021 16:47:56

SINAR PAGI BARU - JAKARTA

Sriyanto, Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian (BBUSKP) didampingi sub koordinator pelayanan pengujian karantina hewan, karantina tumbuhan dan subkoordinator program, informasi dokumentasi melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP). Tim diterima langsung oleh Ibu Ir. Suharini Eliawati MSi didamping kabid Pertanian dan Kabid Peternakan dan kesehatan hewan, Rabu (8/9/21).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain kegiatan pelaksanaan vaksinasi rabies yg akan dilaksanakan di seluruh wilayah DKI dalam rangka memperingati hari rabies sedunia setiap tanggal 28 September. 

Hal lain adalah upaya kerjasama penguatan pertanian khususnya di Propinsi DKI melalui jaringan petani nasional. Untuk penguatan sistem keamanan pangan, lab BBUSKP menawarkan kepada dinas untuk bisa berkolaborasi dalam pengujian. BBUSKP dengan fasilitas lab serta kompetensi SDM siap mendukung program pemprop DKI.

Dalam sambutannya, Bu Elli, panggilan akrab Kadis DKPKP menyebutkan potensi yang luar biasa dari sector pertanian dan perkebunan di DKI. Menurutnya mskipun sebagai sektor penunjang, pertanian, perkebunan serta peternakan menjadi sektor utama yang terus dikembangkan di DKI Jakarta.

"Jangan salah lho, kami memiliki catatan sekitar 28 ribu petani yang ada di seluruh wilayah Jakarta dimana 800 orang diantaranya merupakan petani/peternak milenial” tuturnya. 

Para petani/peternak tersebut terus diarahkan melalui berbagai kegiatan pembinaan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya.  

Merespon data tersebut, Sriyanto menawarkan adanya kolaborasi dinas dengan karantina.

"Kami sangat mengharapkan kolaborasi tidak hanya dalam hal pengujian namun juga dalam bentuk pembinaan kepada petani/peternak dari segi fasilitasi ekspor pertanian yang ada di DKI”tutup Sriyanto.

(Bakti Sihombing)