Penentuan Pejabat Sekwan Dari 3 Nama Akan Dirapimkan Senin Lusa Di DPRD

SPB - Mar 24, 2020 09:59:08

KUNINGAN, SINARPAGIBARU - Tiga nama orang yang bakal menjabat Sekwan di Setwan DPRD Kabupaten Kuningan, Jawa Barat telah di terima oleh Ketua DPRD Nuzul Rachdi. dari Kepala Dearah Kabupaten Kuningan (Bupati Acep Purnama) untuk dijadikan referensi penetuan Ketua DPRD, siapa diantara tiga nama tersebut yang bakal menduduki jabatan Sekwan?

Menurut Nuzul tiga nama orang yang di sampaikan Kepala Daerah melalui suratnya, untuk posisi jabatan Sekwan diantaranya Guruh Irawan Zulkarnaen S. STP. M.Si, Uu Kusmana S. Sos, M.Si, dan Mochamad Nurdijanto, SH. M.Si ketiga orang tersebut telah mengikuti seleksi jabatan, dan akan dirapimkan hari Senin lusa  (23/03/2020) di DPRD.

Jadi dalam hal Sekwan itu sesuai dengan peraturan dan perundang undangan, bahwa jabatan Sekwan ini berbeda dengan SKPD lainnya, karena secara administrasi ia bertanggungjawab terhadap Pemda (Bupati). Kemudian secara operasional juga bertanggungjawab kepada pimpinan serta anggota DPRD, sehingga sesuai dengan aturan itu, 

"Maka, Jabatan Sekwan itu tidak bisa serta merta bisa diputuskan langsung oleh bupati, tapi oleh Pimpinan DPRD namun Kepala Daerah mengusulkan kepada DPRD orang orang atau calon Sekwan yang sudah lolos dari uji kompetensi, untuk 11 SKPD termasuk SKPD Setwan diantaranya," tegas Nuzul Rachdi.

Kalau yang 10.SKPD, lanjut Nuzul. Itu adalah domaindnya Kepala Daerah, dengan kolektif kolegial nya pimpinan DPRD bisa dan akan memilih sendiri dari 3 nama yang di usulkan Kepal Daerah itu tadi, nah berdasarkan konsultasi juga kepada Banmus, dan akan mengusulkan 1 orang kepada bupati, pungkasnya. (Mans Bom)

Berita Terkait