X
 


Meski Dalam Kurungan Penjara, Warga Binaan LPP Jakarta Tetap Tampil Cantik

SPB - May 18, 2021 15:20:28

SINAR PAGI BARU - JAKARTA.

Berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tidak menghalangi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk tetap tampil cantik. Pasalnya, melalui pembinaan kemandirian, kini Lapas Perempuan Kelas llA Jakaeta menyediakan fasilitas treatment wajah maupun rambut yang dapat digunakan oleh warga binaan.

Perawatan kecantikan yang diberikan bukan melalui perawatan dokter seperti di luar sana, tapi perawatan kecantikan ini dilakukan sendiri oleh warga binaan yang telah memiliki keterampilan di bidang kecantikan. Seperti, make up, rias rambut, facial, hingga massage.

Keterampilan ini didapat dari hasil pembinaan yang diberikan Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta berupa pelatihan-pelatihan yang erat kaitannya dengan perawatan kecantikan. 

Tidak sembarangan, pelatihan ini bekerja sama dengan pihak ketiga yang sudah profesional di bidangnya agar warga binaan bisa mendapatkan ilmu secara maksimal.

“Salon ini kami jadikan sebagai sarana edukasi bagi mereka, sambil menyelam minum air, sambil belajar salon mereka sekaligus bisa mentreatment diri mereka sendiri,” tutur Kepala Lapas Perempuan Jakarta Herlin Candrawati, Selasa (18/5/2021).

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan pembinaan salon ini dapat menjadi bekal untuk mereka saat bebas nanti. 

Apalagi, di tengah pandemi seperti saat ini semakin susah dalam mencari pekerjaan. “Dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk mereka juga, kalau sudah ada bekal kan nantinya lebih mudah untuk bisa buka salon sendiri,” tambahnya.

Hingga saat ini, sebanyak 20 warga binaan sudah memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka sudah mampu melakukan  perawatan kecantikan.

(Berkam)