X
 


Menuju WBBM, Lapas Salemba Paparkan Kesiapannya Kepada TPI Itjen Kemenkumham

SPB - May 19, 2021 14:43:27

SINAR PAGI BARU - JAKARTA.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas llA Salemba Yosafat Rizanto, memaparkan kepada Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) tentang kesiapan Lapas Salemba dalam membangun Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Dalam pemaparannya kepada TPI, Kalapas didampingi oleh Ketua Pembangunan WBBM Efendi Johan, Sekretaris Pembangunan WBBM Prayogo dan 6 ketua Pokja (Kapokja).

Keenam Kapokja ini dilakukan oleh Kapokja 1 Manajemen Perubahan Kelik Sulistyanto, Kapokja 2  Penataan Tata Laksana Dudi Ilham Tuhulele, Kapokja 3 Manajemen SDM Fahmi Rezatya Suratman, Kapokja 4 Penguatan Akuntabilitas Eko Adi Prasetyo, Kapokja 5 Penguatan Pengawasan Ahmad Heru Setiawan, Kapokja 6 Peningkatan Pelayanan Publik Fitrian Noor. 

Dimana dalam kegiatan tersebut tim dari Lapas Salemba ini menampilkan yel yel semangat Pembangunan WBBM Lapas Salemba, Jinggle semangat pembangunan WBBM Lapas Salemba, Profil Lapas Salemba, serta Buletin Lapas Salemba kepada TPI Itjen Kemenkumham itu. 

Lebih lanjut Kalapas juga memaparakan kelengkapan administratif pembangunan WBBM berupa Lembar Kerja Elektronik dari Pokja 1 sampai dengan 6, serta inovasi unggulan Lapas Salemba dalam memberikan layanan kepada Masyarakat.

Inovasi unggulan itu diantaranya aplikasi Si Ontel (Sistem Informasi Online Terpadu Lapas Salemba) sebagai upaya percepatan layanan dalam bidang Kunjungan, Integrasi Asimilasi/PB/CB/dan CMB, Ijin Luar Biasa (ILB) Narpidana, Diskusi dan Pengaduan, Produk Narapidana.

Kemudian pengisian Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta inovasi layanan kunjungan yaitu Laku Prima (Layanan Kunjungan Prioritas Masyarakat) sebagai upaya layanan prima kunjungan seperti Ibu hamil, ibu dan Batita, lansia, Disabilitas dan pengunjung yang tidak membawa barang bawaan serta tidak membawa pengikut.

Dalam kegiatan tersebut Tim Penilai Internal memberikan apresiasi terhadap perubahan, peningkatan dan penguatan seluruh kegiatan Lapas Salemba dalam upaya memberikan layanan prima kepada masyakat, khususnya Aplikasi Siontel dan inovasi Laku Prima.

TPI itu juga berharap kepada Lapas Salemba untuk tetap terjaga kondisi dan konsistensinya sehingga nantinya dapat lolos dalam penilaian Tim Penilaian Nasional (TPN) dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi serta menyandang predikat Lapas yang WBBM.

(Berkam)