X
 


Menteri Sofyan A. Djalil: Hikmah Berkurban dalam Mencapai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Lebih Baik

SPB - Aug 15, 2019 01:27:11

SINARPAGIBARU, JAKARTA - Iduladha biasa disebut dengan Lebaran Haji adalah hari besar yang dirayakan umat Islam di seluruh dunia. Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, umat Islam di seluruh dunia memperingati Hari Raya Iduladha untuk mengenang kisah teladan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Saat itu, Nabi Ibrahim menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail sebagai bentuk pengorbanan dan keikhlasan dia menjalankan perintah. Namun itu ternyata hanya ujian karena saat disembelih dengan kuasa Allah SWT, Nabi Ismail telah diganti dengan seekor gibas (domba).

Hikmah dari Iduladha sendiri tidak hanya mengorbankan harta berupa hewan, tetapi hendaknya dijadikan semangat berkorban untuk mencapai kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. “Berkorban tidak cukup hanya berkorban dengan harta, tapi ada hal-hal dalam jiwa manusia yang harus dikorbankan untuk kebaikan bersama yaitu rasa ego, suka marah, kedengkian, sehingga bisa menjadi orang yang bersih,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil, dalam acara penyembelihan dan penyerahan hewan kurban, Selasa (13/08) di Kantor Pusat Kementerian ATR/BPN, Jakarta. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Agus Wahyudi menyampaikan jika pelaksanaan penyaluran hewan kurban telah dilakukan sejak minggu lalu untuk penyembelihan yang dilakukan setelah sholat Ied, sedangkan untuk penyembelihan di Kementerian dilaksanakan pada hari ini, 12 Dzulhijjah 1440 H, bertepatan 13 Agustus 2019. “Dalam pelaksanaan kurban tahun 1440 H, syukur alhamdulillah panitia telah menerima hewan kurban dari keluarga Besar Kementerian ATR/BPN, yang terdiri dari 73 sapi dan 14 kambing,” ujar Agus Wahyudi. 

Lebih lanjut Agus Wahyudi menjelaskan bahwa acara ini memberikan manfaat secara sosial dari pelaksanaan kurban dan sebagai bentuk syi'ar agama, “Hewan kurban disalurkan kepada yayasan sosial, panti asuhan, lembaga keagamaan (DDII), Masjid, kaum dhu'afa, termasuk di tempat terpencil di pulau Pantar (Alor-NTT),” kata Agus Wahyudi.

Acara yang dilaksanakan di halaman parkir Kementerian ATR/BPN ini mengusung tema “Dengan Hikmah Qurban Kita Tingkatkan Kualitas Kinerja Dan Keimanan” dihadiri juga oleh seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN mulai dari Staf hingga Pimpinan Tinggi Madya. (Gtg/hms)