X
 


Menteri ATR/Kepala BPN: Pemberian Sertipikat Tanah Bukti Pemerintah Peduli Terhadap Masyarakat

SPB - Dec 15, 2019 20:34:43

SINARPAGIBARU, JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2019 ini, seluruh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi se- Indonesia mendistribusikan hasil kerja keras mereka kepada masyarakat sebagai hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di mana salah satunya adalah sertipikat tanah.

Bertempat di Sport Mall Kelapa Gading, Kota Administrasi Jakarta Utara, DKI Jakarta, Sabtu (14/12), dibagikan sebanyak 3.500 sertipikat tanah kepada masyarakat yang berasal dari kota tersebut. Sertipikat tanah diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil kepada 10 orang perwakilan masyarakat. 

Saat memberikan sambutan, Menteri ATR/Kepala BPN mengucapkan selamat kepada masyarakat yang mendapat sertipikat tanah pada hari ini serta mengucapkan apresiasi terhadap kerja Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta serta Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Utara. "Ini bentuk pelayanan yang lebih baik dari kami," katanya kepada penerima sertipikat tanah.

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan bahwa pemberian sertipikat tanah ini adalah bukti kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Oleh karena itu, apabila mau meminjam ke bank, dihitung dahulu. Gunakan untuk hal hal produktif. Saya minta agar jangan untuk membeli motor, mobil apalagi menikah lagi. Itu tidak produktif. Karena jika tidak digunakan untuk usaha akan membuat sertipikat tanah kita disita oleh bank," pesan Sofyan A. Djalil.

Tahun 2019 ini, Provinsi DKI Jakarta sudah menargetkan akan merampungkan 100 persen pendaftaran tanah. Apabila ini tercapai, maka DKI Jakarta akan menjadi Provinsi lengkap pertama di Indonesia. "Di Indonesia ada 17 Kabupaten/Kota yang berstatus lengkap pendaftaran tanahnya. Selain, menciptakan Provinsi lengkap dan Kabupaten/Kota Lengkap, kita juga meningkatkan layanan dengan menerapkan layanan elektronik. Ada 42 Kantor Pertanahan yang menjadi pilot project atas program ini," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.

Pada kesempatan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN mengucapkan selamat karena Kantah Kota Administrasi Jakarta Utara mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) untuk kategori Pelayanan Publik.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Jaya mengatakan keberhasilan pelaksanaan PTSL di wilayah DKI Jakarta tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah. "Dari target 240.000 target PTSL tahun ini, 200.000 dibiayai dari APBN sisanya dari alokasi APBD DKI Jakarta. Untuk tahun 2020, validasi dokumen pertanahan kita juga akan dibantu oleh APBD," ujar Jaya. (Gtg/hms)