X
 


Meminimalisir Konflik Pertanahan, BPN Kabupaten Tangerang Percepat Pendaftaran Tanah dan Perkuat Pelayanan

SPB - Jan 26, 2022 17:02:36
Ceto, Kasubag TU BPN Kabupaten Tangerang. (Foto: Gtg)

KAB. TANGERANG, Sinarpagibaru.id - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang terus berupaya dengan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus sertifikat. Hal itu untuk mengurangi terjadinya sengketa lahan yang berakibat merugikan masyarakat. 

Kantor BPN Kabupaten Tangerang memberikan ruang pengaduan masyarakat terkait permasalahan pertanahan. "Kita buka banyak pasilitas untuk respon pengaduan pertanahan, antara lain melalui Aplikasi Lapor, Hotline serta melayani pengaduan langsung di Kantor BPN Kab. Tangerang", kata Ceto, Kasubag TU Kantor BPN Kab. Tangerang kepada media ini di kantornya, Rabu (26/1/22).

Ceto menjelaskan Kantor BPN Kab. Tangerang sudah membuat tim khusus yang menangani pengaduan. "Jadi setiap ada pengaduan nanti admin akan monitor setiap aduan dan langsung di respon" ujarnya. 

Kantor BPN Kabupaten Tangerang juga terus berupaya meminimalisir terjadinya sengketa kepemilikan lahan. "Kita sudah banyak menyelesaiakan permasalahan pertanahan di wilayah Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang, dan sudah membatalkan NIB yang diterbitkan yang terindikasi cacat administrasi", ungkap Ceto. 

Dengan banyaknya penyelesaian permasalahan di wilayah Pantura dan salah satunya Desa Babakan Asem, BPN Kab. Tangerang jadkan wilayah tersebut sebagai Penlok PTSL. "PTSL ini bisa menyelesaikan masalah, karena sudah jelas produk hukumnya. Sekarang wilayah Pantura dan Desa Babakan Asem hampir semua sudah terpetakan, Insyallah tahun 2022 ini sudah disertifikatkan". Terang Ceto.

Kasubag TU Kantor BPN Kab. Tangerang ini juga menghimbau masyarakat untuk menghindari terjadinya permasalahan lahan agar menjaga lahannya, patok batas lahan, dan tidak ditelantarkan. "Yang belum ada sertifkat segera datang ke kantor BPN daftarkan, lengkapi berkasnya kami segera memprosesnya", ujarnya. 

Laksanakan Sertifikasi; 

Kantor BPN Kabupaten Tangerang tahun 2022 target program PTSL sebanyak 500 bidang yang dilaksanakan di wilayah Desa Babakan Asem. Program PTSL ini diharapkan dapat melaksanakan penyelesaian sertifikasi untuk masyarakat Desa Babakan Asem.

"Semoga program PTSL di Desa Babakan Asem segera di selesaikan yang bertujuan untuk menjamin kepastian hukum atas kepemilikan lahan milik masyarakat dan juga meminimalisir mafia tanah", tutup Ceto. (Gtg)