Lapas Perempuan Jakarta Ikuti Pelaksanan Giat Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening

SPB - Nov 25, 2021 16:29:49

SINAR PAGI BARU - JAKARTA. 

Lapas Perempuan Jakarta mengikuti Pelaksanaan Kegiatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening secara virtual pada Rabu (24/11/2021), di Ruang Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan Lapas Perempuan Jakarta.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Tim KPPN Jakarta V. Adapun materi yang disampaikan mengenai pengelolaan Rekening Satker, proses pembukaan rekening induk, proses pembukaan rekening satker, proses pembukaan rekening penerimaan dan lainnya, perjanjian kerjasama pengelolaan rekening, bunga/Nisbah/Jas Giro (setiap rekening wajib memperoleh Bunga, Nisbah, Jasa Giro).

Pengelolaan kas pada satuan kerja juga dibahas, meliputi penatausahaan kas, pembukuan bendahara, pemeriksaan Kas, rekonsiliasi Internal, penyelesaian UP/TUP pada akhir tahun sesuai pedoman pada PER-9/PB/2021 tentang pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran negara pada T.A 2021.

Kemudian penyusunan dan penyampaian LPJ Bendahara, dan modernisasi transaksi Bendahara (Semula Pendebitan Rekening hanya melalui cek/bilyet giro menjadi melalui Teller, internet banking/CMS, Kartu debit, kartu kredit).

"Diharapkan dengan kegiatan ini, Lapas Perempuan Jakarta dapat menghasilkan pengelolaan kas yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan," pungkas Kalapas Perempuan Jakarta Herlin Candrawati.

(Berkam)

Berita Terkait