Lanjutan Kelurahan Bersinar, BNNK Jakarta Utara Laksanakan Asistensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

SPB - Oct 14, 2021 04:04:03

SINAR PAGI BARU – JAKARTA.

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara mengadakan kegiatan lanjutan pasca program nasional Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) tahun 2020 dengan menyelenggarakan kegiatan Asistensi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Kantor Kelurahan Ancol sejak tanggal  11 hingga 14 Oktober.

Dalam menjalankan program itu, BNNK Jakarta Utara menggandeng Pemkot Administrasi Jakarta Utara, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Utara.

Diterangkan oleh RB. Indira Maharani Situngkir, SH selaku Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Jakarta Utara, saat ditemui wartawan Sinar Pagi Baru, Rabu, (13/10/2021), dia mengatakan, kegiatan Asistensi Program Ketahanan Keluarga ini adalah untuk menggandeng beberapa keluarga yang ada di satu kelurahan untuk dijadikan Role Model atau percontohan.

Saat ini, BNNK Jakut melakukan penyaringan terhadap sepuluh keluarga yang hadir dalam kegiatan ini menjadi lima keluarga, khusus untuk Kelurahan Ancol.

Keluarga yang terpilih nanti diharapkan mampu menjadi tauladan dalam sikap dan berprilaku, seperti diantaranya pergaulan sosial yang baik di masyarakat, aktifitas anak-anak yang tidak pulang sampai larut malam, membantu  Ketua RT membuat surat-surat himbauan, dan lain sebagainya, sehingga dapat memobilisasi atau mempengaruhi warga di sekitarnya tentang bahaya narkotika, jelas Indira.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, pihaknya membagi dalam dua sesion. Yang pertama adalah sesion yang ditujukan kepada orang tua, dan sesion kepada anak-anak.

Saat ditanya kenapa Kelurahan Ancol yang dipilih mengawali program Asistensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, dia menjawab bahwa hal itu berdasarkan hasil monitoring BNNK Jakut usai pelaksanaan program kelurahan bersinar di tahun 2020 lalu, yang kemudian akan berkesinambungan ke seluruh kelurahan di Jakarta Utara, tutup Indira. (charles)

 

Berita Terkait