X
 


Kunjungi Provinsi Riau, Menteri ATR/BPN Dorong Percepatan PTSL dan Peningkatan Layanan Masyarakat

SPB - Sep 01, 2021 22:08:49

SINAR PAGI BARU, RIAU – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Sofyan A. Djalil akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Kamis, 2 September 2021 mendatang. Kali ini ia akan hadir di dua lokasi, yaitu Kota Pekanbaru dan Kota Dumai dalam dalam kerangka peningkatan pelayanan pertanahan dan percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Di Kota Pekanbaru, Menteri ATR/Kepala BPN yang didampingi Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Yulia Jaya Nirmawati akan diterima oleh Gubernur Riau, Syamsuar beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau. Untuk mengawali kunjungannya nanti, ia akan singgah di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru untuk menandatangani prasasti dalam acara peresmian Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. 

“Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN sekaligus meninjau pelayanan pertanahan dan bertemu langsung dengan masyarakat,” ujar Kepala Biro Humas, Yulia Jaya Nirmawati dalam keteranganya kepada media, Selasa (31/08/2021).

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN akan menempuh perjalanan darat menuju Kota Dumai dengan melintasi Tol Pekanbaru-Dumai yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020 lalu. Di sela-sela perjalanannya tersebut, Sofyan A. Djalil yang juga didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, M. Syahrir dan Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution akan melihat kawasan industri Kota Dumai.

Wali Kota Dumai, H. Paisal rencananya akan menerima kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN di Pendopo Wali Kota Dumai. Kehadirannya di Kota Dumai untuk menghadiri sekaligus menyerahkan sertipikat tanah kepada 20 orang perwakilan masyarakat Provinsi Riau.

Yulia Jaya Nirmawati mengatakan, penyerahan sertipikat dilakukan dalam rangka mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di berbagai daerah. Melalui program tersebut, Kementerian ATR/BPN menargetkan sebanyak 126 juta bidang tanah di wilayah Indonesia dapat terdaftar seluruhnya pada tahun 2025. Target PTSL di Provinsi Riau sendiri tercatat sudah terealisasi 100% untuk Peta Bidang Tanah (PBT) dan 41,49% untuk Surat Hak Atas Tanah (SHAT).

“Sertipikat akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN kepada beberapa perwakilan masyarakat, selebihnya akan dilakukan secara virtual. Hal ini karena memperhatikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai arahan Presiden. Acara penyerahan sertipikat juga akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutur Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN.

Selain Kepala Biro Humas, selama kunjungan ke Provinsi Riau, Menteri ATR/Kepala BPN juga akan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol (TUPP), Uunk Din Parunggi serta Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Indra Gunawan. Usai menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ini, Menteri ATR/Kepala BPN akan kembali ke Jakarta pada hari yang sama. (Gtg)