X
 


Kota Cimahi Sedang Persiapan New Normal

SPB - Jun 04, 2020 10:04:18

CIMAHI, SINARPAGIBARU.ID- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), akan  memberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal tahap 1 dibeberapa daerah yang perkembangan penyebaran Virus Coronanya ada di level 2 atau zona hijau. Untuk Kota Cimahi, yang saat ini sudah masuk di zona kuning atau level 3 sedang dipersiapkan untuk melakukan AKB atau New Normal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Yanuar Taufik, mengatakan, merujuk acuan kepada Pemprov Jabar, setelah selesai Pembatasan Bersekala Besar (PSBB) Pemprov Jabar 12 Juni 2020. Bila saja diberlakukannya New Normal di Kota Cimahi, pihaknya selaku tim penanggulangan penanganan percepatan Covid-19 di Kota Cimahi tetap tidak akan mengabaikan protokol kesehatan. 

“Seperti bagi angkot yang mebawa penumpang, harus tetap 50 persen dari kapasitas penumpang yang ada. Supir dan para penunpangnya harus tetap memakai masker, disetiap pasar dan tempat pertokoan yang sudah disiapkan tempat cuci tangan, warga jangan bosan untuk sering mencuci tangan, menjaga jarak dan melakukan Test swab. Tidak menutup, kemunggkinan tempat cuci tangan di pasar akan di tambah lebih bayak,” ujarnya ketika ditemui dikantornya, Selasa (2/6/2020).

Dikatakan Yanuar, begitu juga untuk pengendara sepeda motor dan yang dibonceng, akan tetap diwajibkan selain memakai helem juga memakai masker. Namun, untuk pengendara mobil pribadi pembatasanya akan menunggu dulu regulasi dari Pemerintah pusat. “Intinya Kota Cimahi bagaimanapun juga siap tidak siap harus siap mengikuti apa yang di rencanakan Pemprov Jabar berupa AKB maupun Pemerintah pusat New Normal,” tambah Yanuar.  

Pasalnya, lanjut Yanuar kalau saja Kota Cimahi tidak bisa menyesuaikan dengan daerah lain untuk mengikuti New Normal. Penyebaran Virus Corona atau Covid-19, belum bisa diprediksi kapan akan merahirnya, apalagi saat ini para ahli di bidangnya belum menemukan paksinnya dari Covid-19 ini. Namun, langkah untuk kearah pelaksanaan New Norman, Pemkot Cimahi bersama Ongganisai Perangkat Daerah (OPD) lainnya terus melakukan berbagai persiapan.

“Diharapkan, yang saat ini wilayahnya Kota Cimahi sudah masuk kelevel 3 atau Zona kuning berdasarkan kajian dari Pemprov Jabar. Kedepan bisa berangsur bisa masuk ke level 2 atau zona hijau. Dengan demikian, laju perekonomian di Kota Cimahi bisa berjalan dengan baik meski dalam tatanan di New Nomal. Untuk itu, agar Kota Cimahi bisa masuk ke level 2 atau zona hijau, meminta agar warga masyarakat Cimani tetap melakukan protokol kesehatan cuci tangan dan lain sebagainya,” pinta Yanur. (Yat).