Kondisi Tahanan Lapas Masih Aman Dari Covid-19

SPB - Mar 24, 2020 20:16:31

SINARPAGIBARU-JAKARTA.

Junaedi Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkuham) memastikan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) diseluruh Indonesia saat ini belum ada yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19). Meski belum ada yang terindikasi terkena virus yang membahayakan ini, pihaknya tetap waspada.

Sebab kondisi Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) sudah banyak yang over kapasitas. Termasuk  di Lapas dan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. “Sehingga menjadi keseriusan dan perhatian besar bagi para jajaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dijen Pas) Kemenkumham, dalam penanganan pencegahan Covid-19 ini,” ucapnya di Gedung Graha Bhakti Pemasyarakatan, Jakarta (24/3).

Ia juga menyampaikan selain Lapas dan Rutan, penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang ada di seluruh Indonesia belum ada yang terinfeksi  Covid-19. Namun Junaedi menghimbau agar masyarakat selalu berdoa supaya para petugas dan tahanan tidak ada yangh terkena Covid-19.

Fahmi Rezatya Kasubag TU Lapas kelas llA Salemba Jakarta Pusat, mengatakan, sejauh ini belum ada tahanan terkena Covid-19. Dia menjelaskan berbagai pencegahan telah dilaksanakan dilingkungan kerjanya untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

Sekarang ini ada 1.876 orang tahanan di Lapas Salemba. Kami sudah melakukan pembatasan kegiatan kunjungan dengan membuka layanan video call. Baik menggunakan komputer maupun laptop yang diinstruksikan Plt Nugroho Dirjen PAS Kemenkumham beberapa waktu lalu,” tuturnya saat ditemui di Gedung Lapas Kelas llA Salemba. (Berkam)

Berita Terkait