X
 


Kolaborasi Hebat Masyarakat Desa Gonggang dan DPUPR Magetan

SPB - Aug 04, 2020 08:09:51

MAGETAN, SINARPAGIBARU- Sebuah terobosan dilakukan Dinas PUPR Kabupaten Magetan yang telah bersinergi dengan masyarakat Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Keduanya berkolaborasi dengan membuka akses jalan baru Gonggang-Wonogiri. Dengan dibukanya akses jalan tersebut, maka akan memperpendek jarak tempuh yang awalnya 14 KM kini bisa ditempuh hanya dengan jarak 2 KM. Dimana pekerjaan tersebut mulai dilaksanakan pada hari Selasa, (14-7-2020).

Setelah sehari sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR kabupaten Magetan, Muhtar Wahid melakukan sosialisasi di desa Gonggang. Yang mana proyek tersebut direncanakan akan selesai dalam 14 hari kerja. Wacana proyek pembukaan jalan ini sudah ada sejak era Bupati alm. Saleh Mulyono dan baru terealisasi saat ini.

Muhtar Wahid mengatakan bahwa dalam hal ini yang hebat bukan Dinas PUPR ataupun Pemkab Magetan, tetapi masyarakat desa Gonggang yang hebat karena telah dengan suka rela tanahnya digunakan jalan umum tanpa ada ganti rugi. Tanah seluas 650 M² tersebut murni sumbangan dan partisipasi dari masyarakat desa Gonggang.

Dikatakan pula bahwa TA 2020 ini Dinas PUPR kabupaten Magetan praktis tidak ada alokasi anggaran proyek. Untuk proyek pembukaan jalan ini pihaknya hanya mengeluarkan biaya BBM dan upah operator alat berat. Selebihnya alat berat milik Dinas PUPR sendiri.

Salah seorang warga desa Gonggang mengatakan bahwa dengan dibukanya jalan tersebut akan mempermudah jalur perekonomian dan pendidikan. Karena saat ini masyarakat desa Gonggang sebagian besar melakukan perputaran ekonomi di kabupaten Wonogiri. Selain menghubungkan kabupaten Magetan dan kabupaten Wonogiri, jalan tersebut juga menghubungkan propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dalam beberapa hari ini Bupati Magetan Dr.Drs. Suprawoto SH. Msi akan meninjau lokasi proyek pembukaan jalan tersebut.

Untuk layanan pengaduan masyarakat pada Dinas PUPR kabupaten Magetan bisa melalui WA di nomor Call Centre : 0857 1310 9000 (ehp22)