X
 


Kementerian ATR/BPN Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Meski Dalam Situasi Pandemi

SPB - Jul 08, 2020 09:54:19

JAKARTA, SINARPAGIBARU - Masyarakat di era informasi seperti sekarang ini menginginkan segala pengurusan lebih cepat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima. Karena salah satu tugas utama dari pemerintah adalah melayani masyarakat dengan pelayanan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah dituntut untuk berbenah sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat.

Hal tersebut yang mendorong Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk terus berbenah serta berinovasi sehingga dapat terus melayani masyarakat meskipun di tengah pandemi Covid-19. "Beberapa inovasi dilaksanakan agar pelayanan tetap berjalan selama pandemi Covid-19 yaitu melalui eoffice.atrbpn.go.id, Sentuh Tanahku, Loket Online, Antre Online serta Informasi SMS Broadcast," ujar Gunawan Muhammad, Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Ekonomi Pertanahan, dalam Rapat Kinerja Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada Masa Pandemi Covid-19 melalui video conference, Selasa (07/07/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, sejauh ini Kementerian ATR/BPN telah banyak menerapkan serta berinovasi dalam melakukan pelayanan hingga menghasilkan penghargaan. Salah satu keberhasilan yang dicapai oleh Kementerian ATR/BPN yaitu Penghargaan Indonesia Award 2018 atas keberhasilan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Apresiasi Lembaga Manajemen Aset Negara terhadap Kementerian ATR/BPN atas sinergi pengadaan tanah Program Strategis Nasional (PSN). 

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Ekonomi Pertanahan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian berharap penghargaan yang telah diperoleh dapat menambah semangat khususnya jajaran di daerah untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Sebagai informasi beberapa inovasi telah mendapat penghargaan dari KemenPAN-RB antara lain  Layanan Tujuh Menit (Lantum) dan juga Inovasi Terintegrasi (Inti). Inovasi Lantum dan juga Inti merupakan terobosan penyederhanaan proses bisnis dan pemanfaatan teknologi informasi yang merupakan cikal bakal layanan elektronik terintegrasi yang baru-baru ini diluncurkan oleh Kementerian ATR/BPN.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Dalu Agung Darmawan juga menambahkan, meskipun di tengah pandemi Covid-19, tugas harus terus dilaksanakan. "Saat ini Kementerian ATR/BPN masih menerapkan pola kerja new normal. Dengan berbagai inovasi yang telah diterapkan sejauh ini, mempermudah penerapan kerja saat new normal, sehingga program strategis dan pelayanan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan meskipun di tengah pandemi Covid-19," tuturnya. 

Selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian-PANRB, Diah Natalisa mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN khususnya dalam hal pelayanan serta inovasi. "Kami dalam hal ini Kementerian-PANRB sangat mengapresiasi hal-hal penting yang telah dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN dalam hal pelayanan publik. Khususnya terkait dengan dukungan infrastruktur, penyesuaian sistem kinerja bagi pegawai pelaksana tugas penyelenggaraan pelayanan publik dalam tatanan normal baru ini dapat ditindaklanjuti dengan baik," ungkapnya. 

Diah Natalisa juga menjelaskan bahwa saat ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) individu sebagai dasar dalam melaksanakan tugas selama masa pandemi Covid-19. Juga ke depannya diharapkan layanan _online_ dapat dilakukan secara masif, dengan keseluruhan yang berintegrasi melalui sistem yang ada di pusat, khususnya di Kementerian ATR/BPN. Sehingga memenuhi harapan banyak pihak, terutama Presiden bahwa reformasi pelayanan publik khususnya di bidang pelayaan publik sudah berjalan. ( Gtg)