X
 


Kementerian ATR/BPN Targetkan Pengadaan Tanah Tol Cisumdawu Rampung Tahun 2020

SPB - Jul 20, 2020 10:33:55

SUMEDANG, SINARPAGIBARU - Penyelesaian pengadaan tanah Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) akan ditargetkan selesai pada Oktober tahun ini. Demikian dikatakan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil saat meninjau lokasi pembangunan tol tersebut, Sabtu (18/07/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri bidang Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin; Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian; Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Jawa Barat Yusuf Purnama, serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Hadiat Sondara Danasaputra dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang, Raden Agus Sumiarsa.

Sofyan A. Djalil mengungkapkan memang ada beberapa kendala dalam proses pengadaan tanahnya namun ia meyakini bahwa kendala tersebut dapat diselesaikan. "Untuk membangun jalan tol, dari sisi teknis dapat dikerjakan, namun jika pengadaan tanahnya tersendat maka pembangunan jalan tol ini akan terhambat. Memang ada hambatan dalam pembebasan tanah dalam proyek tol ini, tetapi bisa kita selesaikan," kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan bahwa semua stakeholder sangat mendukung pembebasan tanah Tol Cisumdawu. "Pembangunannya diharapkan selesai pada tahun 2021 dan dapat menjadi akses menuju bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka," ujar Sofyan A. Djalil.

Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN, Arie Yuriwin dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan pengadaan tanah dapat terhambat apabila tanah yang akan dibebaskan berstatus tanah sengketa. "Sengketa tanah yang ditemui dalam proses pembebasan tanah dalam proyek pembangunan Tol Cisumdawu sudah kami komunikasikan dengan Mahkamah Agung dan sudah ada solusi dari mereka," ujar Arie Yuriwin.

Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Yusuf Purnama menambahkan bahwa program pengadaan tanah Tol Cisumdawu memang sudah ditargetkan oleh Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat rampung tahun ini. "Kendala berupa sengketa tanah yang ada di beberapa seksi pengadaan tanah, salah satunya di Pasar Resik, untuk penyelesaiannya sudah ada komunikasi dengan Mahkamah Agung dan harapannya tidak ada salah langkah dalam penyelesaiannya," ujarnya.

Tol Cisumdawu ini memiliki panjang kurang lebih 61 kilometer dan dalam pengadaan tanah maupun pembangunannya dibagi menjadi 6 seksi. (Gtg)