X
 


Kementerian ATR/BPN Kuncurkan Layanan Elektronik Guna Permudah PPAT Dalam Bekerja

SPB - Oct 02, 2019 22:14:58

SINARPAGIBARU, JAKARTA- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Hubungan Hukum Keagrariaan (HHK) melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualitas Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Gelombang IV Tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Senin (30/09).

Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal HHK, Suyus Windayana berharap dapat menciptakan PPAT yang profesional. "Di zaman yang modern dan serba elektronik ini, saya berharap kita dapat meningkatkan kualitas PPAT yang profesional," ujar Suyus Windayana dalam pembukaan acara Peningkatan Kualitas PPAT.

Kementerian ATR/BPN beberapa minggu lalu telah meluncurkan layanan elektronik yang salah satunya dapat memudahkan PPAT dalam bekerja. "Karena setiap tahun dokumen-dokumen akta tanah akan bertambah banyak, kita tidak bisa seperti ini terus. Kita harus membuat data elektroniknya, agar nanti dengan jejak digital apa yang kita lakukan sekarang mungkin anak cucu kita itu tahu untuk ke depannya," tambah Direktur Jenderal HHK. 

Dalam rangka mewujudkan PPAT yang berkualitas dan profesional, dilakukan proses seleksi dengan transparan dan akuntabel melalui ujian PPAT dengan mekanisme Computer Based Test (CBT) dengan proses pendaftaran secara online.

Tujuan kegiatan Peningkatan Kualitas PPAT ini adalah untuk menghasilkan PPAT yang berkualitas dan profesional, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan PPAT di bidang pertanahan, meningkatkan kualitas pembuatan akta dalam rangka pelayanan pertanahan, meningkatkan pemahaman dasar hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan.pembinaan dan pengawasan administrasi keagrariaan/pertanahan, dan pelaksanaan jabatan PPAT. (Gtg/hms)