X
 


Kemenkes Gelar Haji Sehat dan Vaksinasi Covid-19 Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

SPB - Sep 06, 2021 21:23:07

SINAR PAGI BARU - JAWA TIMUR.

Pusat Kesehatan (Puskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) gelar sosialisai haji sehat dan vaksinasi Covid-19 sebelum berangkat ke tanah suci. Hal itu dilaksanakan pada tanggal (4/9/2021) di Pondok Pesantren Nurul Islam, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kepala Puskes Haji, Budi Sylvana menghimbau agar jemaah haji selalu mempersiapkan kesehatannya sebelum berangkat ke tanah suci dengan melengkapi vaksinasi covid-19.

"Kami ingin Jemaah haji yang belum divaksinasi Covid-19 segera melakukan vaksinasi secara lengkap tanpa menunggu berangkat haji, sehingga masyarakat Indonesia lepas dari pandemi Covid-19 dan jemaah haji dapat diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji," katanya.

Ia juga menghimbau agar jemaah haji  selalu waspada terhadap risiko penularan Covid-19 dan penularan penyakit lainnya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Pasalnya jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi pasti berinteraksi dengan jemaah lain yang berasal dari berbagai negara dan tidak tahu riwayat kesehatannya," lanjutnya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19  juga dilakukan untuk santri dan santriwati SMK dan MA Nurul Islam untuk usia 12-17 tahun dan masyarakat umum usia 18 tahun ke atas ikut di vaksin juga dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Minggu kemarin lebih dari 1.000 orang telah divaksinasi Covid-19 di Pesantren tersebut dan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

(nanda)