X
 


Kapolres HSU Laksanakan Program Kapolda Kalsel Tentang Kemitraan dengan Terapkan Jungaling

SPB - Sep 11, 2020 17:24:20

SINAR PAGI BARU, KALIMANTAN SELATAN - Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Kemitraan salah satu program Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K,.S.H,.M.H yang dilaksanakan Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H saat melaksanakan salah satu program Polres HSU yakni jumatan dan pengajian keliling (Jungaling), di Mesjid Jami Abu Sofyan lingkungan Pondok pesantren Ihya Ulunufib Nur Sufiiyah desa Kaludan Kecil Kecamatan Banjang Kab. HSU. Jumat (11/09/2020) 12:24 wita.

Kegiatan Pengajian dan Jumatan Keliling (Jungaling ), salah satu program inovasi Polres HSU yang sempat pakum dikarenakan pandemi virus corona (covid-19) yang mana kali dalam tatanan adaptasi kebiasan baru dengan meneraokan protokol kesehatan dilaksanakan kembali yang kali ini dipimpin langsung  Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H diikuti para PJU Polres HSU beserta anggota, Kapolsek Banjang serta anggota di Mesjid Abu Sofyan Ponpes Ihya Ulumudin Nur Sufiiyah Desa Kaludan Kecil Kec. Banjang Kab. HSU dengan menerapkan Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Hadir dalam kegiatan keagamaan tersebut  para alim ulama, pengurus Mesjid, pengurus Ponpes, para santri serta masyarakat sekitar.

Sebelum Jumatan dilaksanakan Pengurus Mesjid dan Ponpes setempat H. Hendra menyampaikan himbauan sesuai pesan kamtibmas dari Kapolsek Banjang Ipda Noor Rizani terkait protokol kesehatan dalam cegah tangkal covid-19 diantaranya penggunaan masker saat berada di dalam mesjid, saat masuk mesjid agar disiapkan sabun disekitar tempat wudhu, shaf sholat jarak yang aman dari penyebaran covid-19.

Selanjutnya  sebelum sholat jumat dilaksanakan ketua pengurus Mesjid H. Hendra  mempersilahkan  Kapolres HSU untuk perkenakan diri dan memberikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut  Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan selaku Kapolres yang baru memperkenalkan diri dan berterima kasih atas tertib dan terlaksananya protokol kesehatan yang sudah diterapkan di dalam mesjid saat mau sholat jumat ini antara lain semua jemaah sudah pakai masker dan jarak antar Makmum sudah jarak aman, tutur Kapolres HSU.

Semoga di hari Jumat yang penuh berkah ini,  kita selalu mendapat barokah dan terhindar dari segala mara bahaya termasuk virus corona (covid-19) lanjut Kapolres HSU,  yang serentak di aminkan semua jemaah sholat Jumat.

Sementara Kasubag Humas Polres HSU Iptu Alam Sw mengutarakan bahwa Program Inovasi Polres HSU Yakni Jungaling (Jumatan dan Pengajian Keliling) ini sudah lama dilaksanakan sejak Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryanto penggagas Jungaling dengan tujuan agar Polres HSU lebih dekat dengan warga masyarakat dengan Jumatan dari satu Mesjid ke Mesjid lainnya di daerah hukum Polres HSU termasuk Polsek jajaran tentunya sangat efektip dalam silaturahmi dengan masyarakat, alim ulama, tokoh agama dan lainya, dan diharapkan terjalin kemitraan kerja sama tukar informasi khusus nya dalam menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Arti pengajian keliling dalam program jungaling adalah pengajian dalam bentuk ceramah / tausyah keagamaan yang waktu dan tempat nya bisa dimana saja keliling  

dan tentunya anggota Polres HSU serta Polsek jajaran hadir mengikuti kegiatan tersebut, hal inipun merupakan kegiatan positif dalam kemitraan dengan masyarakat khususnya bersama ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat umum lainnya ditempat dimisili dan temoat tugas anggota, tutup Iptu Alam Sw. (Din).