Kalapas Cibinong Rayakan Idul Fitri Bersama Narapidana

SPB - Jun 08, 2019 10:15:52

SINARPAGIBARU – BOGOR.

Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cibinong, turut merayakan gema Takbir Idul Fitri 1440 H, sejak malam hingga pagi terus dikumandangkan sejumlah narapidana secara bergantian.

Kemudian menggelar Sholat Id berjamaah, Rabu, (5/6) dengan tertib dari bloknya masing-masing menuju masjid At-Taubah Lapas Cibinong yang dipimpin oleh Ustad Dr. Awang Darmawan dari Dewan Dakwah Islam Kabupaten Bogor.

Dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI oleh Kalapas Cibinong sekaligus pemberian remisi khusus kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP), dari 1.481 orang WBP lapas cibinong, sebanyak 905 orang WBP mendapatkan pengurangan masa pidana (RK I).

Sedangkan 2 orang narapidana langsung bebas pada hari itu juga karena mendapatkan RK II, sehingga total narapidana yang mendapatkan remisi adalah 907 orang. Besaran perolehan remisi yang diberikan pun bervariasi antara 15 hari sampai dengan 2 bulan.

Selain itu, pada hari ini Lapas Cibinong juga akan mengeluarkan 8 orang narapidana lainnya karena mendapatkan program integrasi sosial (PB/CB).

Mulai  hari ini juga Lapas cibinong membuka pintu kunjungan bagi keluarga dan kerabat WBP agar mereka dapat saling bersilaturahmi di hari yang penuh berkah selama 4 hari non stop.

Sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, petugas dengan ramah dan sabar melayani keluarga WBP mulai dari proses pendaftaran, penggeledahan, dan kunjungan sampai dengan selesai.

"Kami sangat senang bisa melihat kebahagiaan WBP dan keluarga seperti sekarang. Semoga ini menjadi semangat bagi kami untuk terus melayani mereka dengan sepenuh hati. Dan juga menjadi motivasi bagi WBP untuk selalu berbuat kebaikan, lebih disiplin, lebih produktif dan lebih optimis selama menjalani masa pidana", ungkap Agung Krisna, Kalapas Cibinong.   

Kehangatan antara keluarga dan WBP pun begitu terasa memenuhi lapangan dalam lapas yang disetting menjadi seperti lokasi wisata keluarga. Ratusan pengunjung dan WBP memadati tenda-tenda yang telah disiapkan sambil bercengkrama, melepas rindu dan menikmati sajian rumahan khas Idul Fitri yang dibawa oleh keluarga masing-masing.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, silahkan hadir pada kegiatan kunjungan Lebaran ini. Kunjungan tidak dipungut biaya, namun kami mohon agar pengunjung tidak membawa barang-barang terlarang, tetap menjaga kebersihan dan keamanan serta mohon agar para pengunjung tidak memberikan sesuatu baik uang maupun barang kepada pegawai selama pelaksanaan kunjungannya", pungkas Agung.   (Gohan)

Berita Terkait