X
 


Kakanwil Kumham Jabar Keliling Lapas Karawang Tinjau Keamanan dan Ketertiban

SPB - Sep 14, 2021 14:46:06

SINAR PAGI BARU - KARAWANG.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat Sudjonggo, meninjau fasilitas, sarana dan prasarana sekitar Lapas Kelas IIA Karawang, Selasa (14/9/2021).

Kunjungan ini turut didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman dan Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Lenggono Budi dan jajaran.

Sudjonggo memeriksa secara langsung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terpasang siaga untuk memastikan alat berfungsi dengan baik bilamana dibutuhkan dalam keadaan darurat. 

Kemudian, ia juga melakukan pemeriksaan kabel instalasi listrik yang terlihat dan dirasa tidak layak digunakan atau kabel terkelupas, kabel terlalu tipis namun daya besar.

Untuk itu Sudjonggo menyarankan kepada jajaran Lapas untuk mencabut dan membersihkannya agar meminimalisir peluang terjadinya korsleting arus pendek.

Pada kesempatan itu juga Kakanwil menyempatkan diri untuk berkunjung ke blok hunian narapidana Lapas Karawang, dan memeriksa progres perbaikan kabel instalasi listrik di dalam kamar hunian. 

Lebih lanjut, Sudjonggo meninjau dapur tempat proses pembuatan makanan dan melihat menu yang akan disajikan serta menilai kualitas kebersihan dan menghimbau kepada pihak Lapas Tangerang agar tetap menjaga nilai higienis dapur lapas.

"Kunjungan saya ini tentunya dalam memastikan secara langsung kondisi Lapas Karawang dan meminta kepada pihak lapas untuk disiplin dalam bertugas dan meningkahkan keamanan diseluruh area lapas ini," tutur Kakanwil.

(Berkam Sitopu)