Kades Marjandi Tongah Percantik Desa Dengan Betonisasi Jalan Ke Ladang

SPB - Jun 04, 2019 01:08:41

SINAR PAGI BARU - SUMATERA UTARA.

Marjanji Tongah merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Dipimpin oleh Kepala Desa bernama Bangun Purba, yang saat ini masuk periode ke dua, telah memberikan warna bagi desanya. Tahun 2018 lalu ia membangun dua titik lokasi jalan dari pusat perkampungan menuju ladang/sawah, dan membangun Aula Desa.

Wartawan media ini mencoba untuk menelisik fungsi jalan yang dibangun oleh Bangun Purba, jalan setapak yang awalnya tanah kini dirubah menjadi beton yang mengarah ke perladangan dan persawahan.

Alhasil jalan tersebut mempermudah transportasi masyarakat untuk menuju ke ladang/sawah warga pulang dan pergi, bahkan bisa dilewati kendaraan roda dua walau kondisi hujan, sehingga masyarakat Desa Marjandi Tongah yang memang kebanyakan bermata pencaharian adalah petani coklat, padi, dan karet ini, kini memiliki infrastruktur tranportasi yang lebih mudah.

Dilain sisi, untuk diketahui, Desa Marjandi Tongah memiliki salah satu potensi wisata yang menarik yakni Air Terjun Siparis yang airnya dapat diminum langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. Air terjun ini pun sudah sering dikunjungi oleh komonitas-komonitas pencinta alam.

(foto: Air Terjun Siparis di Desa Marjandi Tongah yang menjadi salah satu potensi wisata alam)

Walau, pada tahun 2013 yang lalu Desa Marjandi Tongah pernah dinilai buruk terkait dengan salah satu penelitian universitas tentang jamban yang diklaim sebagai desa yang memiliki keberadaan jamban yang paling rendah di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, tapi kini lambat laun hal itu sudah dibenahi. (mbuah)

Berita Terkait