X
 


Kabupaten Tanah Laut Banjir, Polri Langsung Bantu Warga

SPB - Jul 13, 2020 00:19:56

SINAR PAGI BARU, KALIMANTAN SELATAN.

Ratusan personel gabungan dari Polda Kalimantan Selatan, Polres Tanah Laut (Tala), TNI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  melaksanakan Bakti Sosial Penanganan Bencana Alam di Kabupaten Tanah Laut pasca banjir, Minggu (12/7/20).

Bakti Sosial ini diantaranya berupa kegiatan bantuan medis, kebutuhan pokok (Sembako dan pakaian), Dapur Umum serta mengevaluasi korban terdampak banjir.

Dalam bakti sosial kesehatan pasca banjir itu petugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mendirikan Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama yang bertempat di Kelurahan Angsau Kecamatan Pelaihari.

Pemberian bantuan pelayanan kesehatan itu berupa pemeriksaan kesehatan dan Pemberian obat / vitamin gratis. Dalam kegiatan Posko Kesehatan Bhayangkara Peduli Sesama itu, petugas media juga memberikan pelayanan kesehatan door to door kepada masyarakat korban banjir yang tidak bisa datang ke Posko kesehatan.

Bukan hanya mendirikan Posko Kesehatan dan memberikan layanan kesehatan saja, personel Polri (Satuan Brimobda Polda Kalsel dan Polres Tala) juga mendirikan Dapur Umum Lapangan guna menyiapkan dan mendistribusikan makanan sebanyak 1000 nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Pelaihari serta kepada petugas dilapangan yakni Anggota TNI, Polri dan BPBD.

Selain itu, personel Satuan Brimobda Polda Kalsel dan Polres Tala bersinergi dengan TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum pasca banjir.

Adapun lokasi yang dilakukan pembersihan meliputi Musholla Al Ikhlas jalan datu jaim Kelurahan Pelaihari, Gereja St. Theresia Jalan Parit dan Vihara Buddha Sasana di Kelurahan Angsau.

Kegiatan kemanusiaan pemberian bantuan dan pendistribusian air bersih kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir serta patroli gabungan oleh Tim SAR Satuan Polairud Polres Tala dan Satuan Brimobda Polda Kalsel juga dilakukan dalam rangka pengecekan kondisi terkini pasca banjir.

Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi menjelaskan bahwa, kegiatan Bakti Sosial ini merupakan untuk membantu warga yang terkena musibah. Dia berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini, jalinan silaturahmi antara masyarakat dan Polri terus ditingkatkan.

Sementara itu salah seorang warga mengatakan pihaknya sangat gembira sekali atas kedatangan dari personel gabungan TNI-POLRI, yang membantu meringankan pekerjaan warga dengan tanpa diminta.

"Ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kami dan tentu kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI-POLRI, khususnya Polda Kalsel, Polres Tala dan Kodim 1009 Pelaihari,” ucapnya. (Din)