Jokowi Akan Bawa Indonesia Ke Empat Besar Ekonomi Terkuat Di Dunia

SPB - May 10, 2019 04:54:34

SINARPAGIBARU - JAKARTA.

Pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Kamis, (9/5) Presiden Joko Widodo menyatakan dengan tegas bahwa Indonesia diprediksi masuk empat besar ekonomi dunia.

Hal itu akan terjadi pada tahun 2045, namun, ungkap Jokowi, tidaklah mudah mewujudkan hal tersebut karena perlu persiapan sejak dini. Ia akan mempersiapkan hal itu dari sekarang.

"Kita memiliki peluang besar untuk menjadi negara ekonomi terkuat. Bisa masuk lima atau empat besar ekonomi terkuat dunia di 2045. Tetapi untuk masuk ke sana tidak mudah. Banyak tantangan yang harus kita selesaikan dan hadapi," ujar Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, negara manapun yang ingin maju dan berkekuatan ekonomi besar harus mampu menyelesaikan persoalan besar yang ada di negaranya. Bagi Jokowi, ada tiga hal pokok yang harus diselesaikan bangsa Indonesia yaitu pembangunan infrastruktur yang merata, reformasi struktural untuk peningkatan daya saing, dan pembangunan sumber daya manusia.

Musrenbangnas 2019 dihadiri pejabat, Kepala daerah yang terdiri dari Bupati, Wali Kota, dan Gubernur, serta sejumlah menteri kabinet kerja. Pada Musrenbangnas 2019 ini, dipaparkan pula rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk tahun 2020. (BERKAM)

Berita Terkait