X
 


Jim Yong Kim Yakin Pertemuan Tahunan IMF World Bank Dapat Berjalan Lancar di Bali

SPB - Jul 07, 2018 22:30:06

BALI, SPB - Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim sejak Kamis kemarin (5/6) memulai kunjungan dua harinya di Bali untuk melihat persiapan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) - Bank Dunia (World Bank) dengan meninjau pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang rencananya akan rampung pada bulan Agustus mendatang.

 

Jim Yong Kim didampingi oleh Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo.

 

Menurut Jim Yong Kim, bahwa Patung GWK sangat agung. Ia yakin dengan mengajak pimpinan-pimpinan negara makan malam di sini akan menjadi satu moment yang istimewa. Jim katanya sudah mengetahui bahwa proyek pembangunan Patung GWK  sudah sangat lama dibangun dan pemerintahan saat ini bertekad menyelesaikannya, ujarnya saat meninjau taman GWK.

 

Jim menyampaikan, menjadi penyelenggara Pertemuan Tahunan ini bukanlah hal yang mudah karena perhelatan ini diikuti oleh ribuan peserta.

 

"Melaksanakan pertemuan tahunan  adalah hal yang sangat rumit tapi saya percaya akan kemampuan dan tekad dari panitia dibawah pimpinan Pak Luhut, saya sangat optimistis perhelatan ini akan berlangsung mulus dan lancar," ujarnya. 

 

Dilain sisi, Menko Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia serius mempersiapkan acara ini. Ketika ditanya tentang aktivitas Gunung Agung yang akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan, ia mengatakan telah bertemu dengan beberapa ahli gunung berapi.

 

"Saya sudah bertemu Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pak Kasbandi dan ahli gunung berapi Pak Soerono, mereka mengatakan sangat kecil kemungkinannya akan terjadi letusan seperti tahun 1963. Jadi letusan ini menurut mereka letusan-letusan yang skalanya kecil seperti Sinabung, dan anak Krakatau. Kalaupun terjadi dampaknya  hanya hingga 10-12 km. Menurut ramalan cuaca, jika memang terjadi letusan pada saat Pertemuan Tahunan, angin akan bertiup ke timur. Kita tidak terlalu khawatir dan tetap mewaspadai," jelas Menko Luhut.

 

"Tidak ada yang bisa memperkirakan apa yang akan terjadi tapi saya percaya dan yakin oleh tim Pak Luhut semua ini akan bisa diatasi," jawab Presiden Kim atas pertanyaan yang sama.

 

Dewan Gubernur IMF dan World Bank setiap tahun menyelenggarakan pertemuan rutin yang mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta topik pembangunan dan isu-isu global.  Acara yang akan diselenggarakan Oktober nanti akan diikuti sekitar  15.000 peserta yang terdiri dari para Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor swasta, investor, NGO, akademisi, dan kalangan media. Penyelenggaraan diharapkan mampu meningkatkan pemasukan di sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mempromosikan investasi dan perdagangan.

 

Presiden Kim dalam pertemuan media,  menyatakan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia yang dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengalami kemajuan pesat.

 

"Kemarin dan hari ini saya bertemu Presiden Jokowi, kami mengagumi upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia mengatasi isu stunting, selain itu kami mengapresiasi perkembangan ekonomi negara ini. Satu yang saya kagumi adalah itikad dan komitmen pemerintah Indonesia dalam membangun, bukan hanya mempunyai visi 1,2,3 atai 10 tahun tapi lebih jauh ke depan, saya menghargai itikad ini dan berharap kami akan dapat terus mendukung pembangunan Indonesia," ujar Presiden Kim.

 

 

Penulis : Nanggar Ginting/redaksi.

 

Foto : Jim Yong Kim. (ist)