X
 


Isteri Menteri Koperasi dan UKM Akan Kordinasikan Para Deputi Pulihkan Ekonomi Ibu-Ibu Korban Gemba Lombok

SPB - Sep 02, 2018 01:26:05

SINARPAGIBARU, TANJUNG.

Untuk memanfaatkan waktu dengan baik serta bisa mengembalikan penghasilan (ekonomi) bagi para ibu-ibu pengungsi gempa Lombok, Penasehat Dharma Wanita Kementerian Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga untuk kali kedua mengunjungi sekaligus memberi bantuan kepada pengungsi gempa di Lombok.

Dalam kunjungan kedua kali ini, ia berharap para ibu-ibu pengungsi dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat selama di pengungsian.

Untuk itu, Ia meminta kepada Dinas Koperasi dan UKM dan Ketua Posko melakukan pendataan terkait kegiatan ekonomi pengungsi khususnya ibu-ibu.

Kita ingin mengetahui ibu-ibu ingin melakukan kegiatan ekonomi apa di pengungsian sehingga para ibu-ibu dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan bisa mendapatkan penghasilan,” kata Bintang Puspayoga, Kamis (30/8).

Ia juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan para deputi di Kemenkop dan UKM yang bisa memberikan bantuan untuk mendukung pemulihan ekonomi para ibu-ibu pengungsi.

Dukungan itu bisa dalam bentuk pelatihan, bantuan alat agar ibu-ibu bisa  bekerja tidak menunggu pagi ke malam tanpa kegiatan, kata Bintang.

Bintang mengatakan, ini contoh pemberdayaan yang bisa dilakukan Kemenkop UKM. Dengan demikian kehidupan ekonomi keluarga tidak berhenti. “Saya harap nanti ada pelatihan bagaimana mengolah yang bernilai ekonomi,” kata Bintang.

Bintang Puspayoga yang merupakan isteri Menteri Koperasi dan UKM mengatakan pola seperti ini sudah dilaksanakan saat terjadi pengungsian akibat erupsi Gunung Agung, Bali.

Para ibu-ibu kita berdayakan dengan membuat kerajinan seperti anyaman. Hasil kerajinannya itu kemudian dibeli sehingga mereka mendapatkan penghasilan selama di pengungsian,” jelas Bintang.

Bintang Puspayoga didampingi pengurus Dharma Wanita Kemenkop UKM Fransisca Kunto Darsono dan Nurjanah, mengunjungi posko pengungsi di Dusun Apitai, Desa Guntur Macan Lombok Barat; Dusun Cupek, Desa Sigarpenjalin; Lombok Utara; Dusun Embar-embar, Desa Akar-akar, Lombok Utara. Bintang Puspayoga menyerahkan bantuan berupa makanan bayi, mie instan, pembalut, biskuit, air mineral.

 

Penulis: Agus Nixon.

Foto: Penasehat Dharma Wanita Kementerian Koperasi  dan UKM, Bintang Puspayoga serahkan bantuan kepada ibu-ibu pengungusi korban gempa Lombok. (ist).