X
 


HUT Tobasa ke-21, Resmi Pergantian Nama jadi Kabupaten Toba

SPB - Mar 14, 2020 20:14:07

TOBASA, SINARPAGIBARU - Tahun ini, hari jadi kabupaten Toba samosir ke-21 resmi berganti nama jadi kabupaten Toba yang bertemakan Tampakna Do Rantosna, Bersama Membangun Toba. 

Dalam perayaan  HUT ke-21 Kabupaten Toba kali ini, mendapat sambutan baik dari warga setempat saat membulang-bulangi Bupati pertama Sahala Tampubolon disaksikan sejumlah pejabat tingkat pusat, provinsi dan DPR-RI (14/3/2020) di Lapangan Sisingamangaraja,  Balige. 

Pembukaan acara dimulai dengan acara kebaktian kristen berlanjut dengan acara tor-tor manjalo tuani gondang (acara gondang sakral mengawali satu pesta minta ijin kepada pencipta juga hadirin) dipimpin langsung tokoh adat JMP Sitorus. 

"Karena kami akan merayakan HUT ke-21 Kabupaten Toba Samosir kami mohonkan kepada Pencipta langit dan bumi memberi kesempatan kepada kami dan hal ini mohon kepada partaganing(pemain gondang) menyampaikan permohonan ini, " ujar JMP Sitorus diikuti tabuan gondang.

Berbagai tahapan sudah dilaksanakan yang menurut adat batak adalah harus dan sakral sebelum menjalankan satu pesta adat dan berlanjut kepada acara bulang-bulang penghormatan kepada Bupati pertama(Sahala Tampubolon-red) beserta keluarga.

"Rasa syukur yang patut kita sampaikan saat ini Bupati pertama Sahala Tampubolon sehat walafiat dan patut dihormati memberi bulang-bulang disaat pergantian nama dari Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, "sebutnya. 

Pemberian bulang-bulang berupa seperangkat ulos kepada Sahala Tampubolon dan Istri Br. Samosir ditambah pemberian piso khalasan dan tali-tali serta tongkat tunggal panaluan sehingga tampak sebagai penobatan seorang raja. 

"Kesempatan inilah yang bisa diberikan penghormatan akan berbagai upaya dan jasa yang dibuat oleh Bupati pertama sehingga lahir Kabupaten Toba Samosir dan atas kinerjanya yang cukup baik saat ini atas lanjutan dan prakarsa Bupati Darwin Siagian nama sudah berganti menjadi Kabupaten Toba, "ucapnya. 

Lanjut JMP Sitorus yang juga didampingi sederet tokoh masyarakat dan tokoh adat dari Lembaga Adat Dalihan Natolu bahwa perjuangan mengganti nama Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba dirayakan tepat di HUT Tobasa ke-21.

"Harapan kita semua, Kabupaten Toba kedepan lebih maju dan makmur, "paparnya. 

Usai acara bulang-bulang berlanjut kepada kata sambutan dari berbagai pejabat termasuk Gubsu Edhi Rahmayadi, Irjen Kemendagri Tumpak Simanjuntak, Martin Manurung, Bupati Darwin Siagian dan Panitia Pelaksana. 

Acara HUT selain dihadiri lebih dari 5.000 masyarakat juga hadir Mantan Bupati Kasmin Simanjuntak, Ketua DPRD Effendi Napitupulu, Kajari Robinson Sitorus, Kapolres AKBP Agus Waluyo, Ketua PN Paul Marpaung, Dandim, Anggota DPR Martin Manurung dan Kepala BUMN/D.(Denni Hutagaol)